Uniknya MPLS di SDN 1 Kaliasin, Para Guru Kenalkan Kostum Karakter Wayang ke Siswa

Senin, 15 Juli 2024 – 16:09 WIB
Uniknya MPLS di SDN 1 Kaliasin, Para Guru Kenalkan Kostum Karakter Wayang ke Siswa - JPNN.com Jatim
Suasana hari pertama MPLS di SDN Kaliasin 1 Surabaya. Guru mengenakan kostum berbagi macam karakter. Foto: Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Senyum semringah tampak terpancar di wajah siswa-siswi SDN Kaliasin 1 Surabaya pada hari pertama Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Senin (15/7).

Masa transisi dari sekolah taman kanak-kanak ke sekolah dasar itu diwarnai dengan aksi pengenalan karakter film oleh guru-guru.

Para guru memakai berbagai macam kostum, seperti marsha, hulk, dan ada yang memeragakan lima tokoh wayang.

Kepala Sekolah SDN Kaliasin 1 Surabaya Sastro mengungkapkan tujuan mengenakan kostum dengan berbagai macam karakter adalah agar anak tidak takut untuk menjalani pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi

“Tujuannya dari memakai baju karakter untuk menyenangkan hati anak di hari pertama masuk SD, agar senang, enggak terbebani masuk SD atau takut masuk SD. Kebanyakan anak TK pembelajarannya menyenangkan, nah SD juga menyenangkan dengan tema ini,” kata Sastro.

“Karakter ini agar menjadikan siswa berkarakter. Karakter bisa diteladani tokoh, karakter yang disenangi anak,” imbuh dia.

Di tahun 2024, SDN Kaliasin 1 menerima sebanyak 112 siswa baru yang terbagi dalam empat rombel.

“Dari wali murid kelas 1 sangat respon sekali. Anak-anak terlihat senang, membawa balon untuk kegiatan selama 14 hari mereka sudah siap,” jelasnya.

Aksi unik guru-guru di SDN Kaliasin Surabaya saat hari pertama MPLS siswa-siswi baru, pakai kostum karakter mulai film hingga tokoh wayang.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News