Tersesat, 4 Pendaki Asal Sidoarjo Hipotermia Saat Mendaki Gunung Buthak

Kamis, 23 Mei 2024 – 20:32 WIB
Tersesat, 4 Pendaki Asal Sidoarjo Hipotermia Saat Mendaki Gunung Buthak - JPNN.com Jatim
Petugas memeriksa kondisi kesehatan para pendaki di Pos Loket Pendakian Gunung Panderman Buthak setelah dievakasi, di Kota Batu, Jawa Timur, Kamis (23/5). (ANTARA/HO-BPBD Kota Batu)

jatim.jpnn.com, BATU - Empat pendaki asal Kabupaten Sidoarjo mengalami hipotermia di Gunung Buthak yang masuk dalam wilayah Kota Batu, Kamis (23/5).

Kepala Pelaksana BPBD Kota Batu Agung Sedayu mengatakan keempat pendaki tersebut dievakuasi oleh petugas gabungan sekitar pukul 09.00 WIB.

"Tim melakukan evakuasi terhadap empat orang pendaki yang mengalami hipotermia di Gunung Buthak," kata Agung.

Keempat pendaki yang hipotermia itu ialah Agus Firdaus (17), Fattah Mahendra (17), Farel Bagus Firmansyah (16), dan Gabriel Yustinus A Paulo (16).

Proses evakuasi dilakukan BPBD Kota Batu bersama Petugas Pos Pendakian Gunung Panderman, Perhutani RPH Oro-Oro Ombo, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wana Tani Desa Pesanggrahan, PSC Kota Batu, dan masyarakat setempat.

"Survivor dievakuasi pada Petak 87 dan mendapatkan pemeriksaan kesehatan oleh PSC Kota Batu di Pos Loket Pendakian Gunung Panderman Buthak," ujarnya.

Agung menjelaskan para pendaki itu berangkat dari Pos Pendakian Gunung Panderman menuju Gunung Buthak pada Kamis (23/5) pada pukul 01.30 WIB. Pada saat melakukan pendakian, mereka tersesat.

"Kemudian pukul 05.30 WIB, mereka menghubungi pos pendakian dan diteruskan ke Pusat Pengendalian Operasi BPBD Kota Batu," jelasnya.

Empat pendaki asal Sidoarjo dievakuasi oleh petugas gabungan setelah tersesat dan mengalami hipotermia di Gunung Buthak Kota Batu.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News