46 Hektare Lahan di Lereng Gunung Kawi Terdampak Karhutla

Jumat, 10 November 2023 – 08:33 WIB
46 Hektare Lahan di Lereng Gunung Kawi Terdampak Karhutla - JPNN.com Jatim
Salah satu personel tim gabungan melakukan upaya pemadaman api di lereng Gunung Kawi, di Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (8/11). (ANTARA/HO-BPBD Kabupaten Malang).

jatim.jpnn.com, MALANG - BPBD Kabupaten Malang mencatat 46 hektare lahan terdampak peristiwa kebakaran hutan di lereng Gunung Kawi, Kecamatan Wagir.

Kabid Darlog BPBD Kabupaten Malang Sadono Irawan mengatakan areal yang terdampak peristiwa kebakaran itu berada di area seputar Batu Tulis, Petak 193.

"Untuk luas area yang terbakar, data sementara seluas 46 hektare di Petak 193," kata Sadono, Kamis (9/11).

Dia menjelaskan peristiwa kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi sejak Selasa (7/11) pukul 20.35 WIB itu hingga saat ini belum diketahui penyebabnya. Pihaknya masih fokus upaya pemadaman.

Menurutnya, awal mula karhutla itu secara visual tampak jelas kobaran api di lereng Gunung Kawi yang berada di sebelah timur area Batu Tulis Petak 193.

"Hingga saat ini, sumber penyebab kebakaran tersebut masih belum diketahui. Masih dalam penyelidikan," ujarnya.

Saat ini tim gabungan masih melakukan upaya pemadaman api dan menerjunkan 50 personel dari berbagai elemen Polri, TNI, SAR Awangga dan masyarakat setempat.

"Sampai saat ini upaya pemadaman terus dilakukan secara manual dengan jumlah personil kurang lebih 50 orang serta mempertimbangkan keselamatan jiwa," tuturnya.

BPBD Kabupaten Malang mencatat 46 hektare lahan di lereng Gunung Kawi terdampak kebakaran hutan dan lahan.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News