Pemkot Surabaya Pastikan Arsitektur Bangunan di Kawasan Kota Lama Manjakan Turis

Selasa, 18 Juni 2024 – 20:32 WIB
Pemkot Surabaya Pastikan Arsitektur Bangunan di Kawasan Kota Lama Manjakan Turis - JPNN.com Jatim
Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata Kota Surabaya (Disbudporapar) Kota Surabaya, memastikan arsitektur bangunan di Wisata Kota Lama siap memanjakan mata para pengunjung. Foto: Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya memastikan arsitektur bangunan di Wisata Kota Lama siap memanjakan mata para pengunjung.

Kadisbudporapar Hidayat Syah mengatakan saat launching pada Minggu (23/6) masyarakat bisa menikmati setiap sudut bangunan Kota Lama.

“Bagian utara di Kota Lama, membentang mulai dari jalan Kembang Jepun sisi timur, serta sisi barat di Jalan Rajawali, hanya dipisahkan Jembatan Merah,” ujar Hidayat, Selasa (18/6).

Dia menjelaskan Jembatan Merah di antara Sungai Kalimas adalah saksi peristiwa heroik arek-arek Suroboyo ketika melawan pendudukan tentara sekutu. 

Adapun yang tak kalah penting, kawasan utara Kota Lama bagaikan laboratorium arsitektur dunia.

“Pengunjung bisa mempelajari khas arsitektur barat dengan nuansa Kolonial dan Eropa serta negara-negara timur,” kata dia.

Berikutnya pada sisi barat, menampilkan arsitektur peninggalan kolonial yang menawan. Banyak dokumen-dokumen peristiwa sejarah arsitektur dan kemerdekaan tersimpan di dalamnya.

“Dokumen berkaitan dengan peristiwa pertempuran mempertahankan kemerdekaan Indonesia, dari pendudukan tentara Sekutu, dengan meninggalnya Komandan tentara sekutu, Jenderal AWS Mallaby,” bebernya.

Warga Surabaya bersiaplah, Wisata Kola Lama segera diresmikan, setiap sudut siap manjakan wisatawan
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News