Kadindik Jatim Beri Pesan Siswa ADEM Tuk Kejar Cita-Cita dan Amalkan Ilmu di Papua

Senin, 10 Juni 2024 – 21:00 WIB
Kadindik Jatim Beri Pesan Siswa ADEM Tuk Kejar Cita-Cita dan Amalkan Ilmu di Papua - JPNN.com Jatim
Kadindik Jatim Aries Agung Paewai (kiri) melepas kepulangan siswa ADEM ke Papua. Foto: Humas Dindik Jatim.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Siswa program afirmasi pendidikan menengah (ADEM) dipulangkan ke wilayahnya masing-masing di Papua setelah menempuh pendidikan tiga tahun jenjang SMA dan SMK di Jatim.

Sebanyak 115 siswa nantinya diharapkan dapat menularkan ilmunya di tempat mereka tinggal. Selain itu, harapan besar melanjutkan ke perguruan tinggi tetap dipupuk untuk masa depan mereka.

Dalam proses pemulangan itu, Kepala Dinas Pendidikan Jatim Aries Agung Paewai berharap para siswa terus melanjutkan cita-citanya.

Program itu telah disiapkan pemerintah dalam mencerdaskan anak bangsa, berupa pemerataan kesempatan belajar bagi seluruh siswa dari seluruh provinsi, terutama di Papua.

“Program itu memberikan kesetaraan ilmu dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Papua yang berada di provinsi paling ujung di Indonesia Timur kami harapkan bersama-sama memperoleh ilmu yang setara dengan siswa di Pulau Jawa maupun provinsi lainnya,” ucap Aries, Minggu (9/6).

Pj Wali Kota Batu itu menyampaikan harapan besarnya terhadap siswa ADEM, yaitu bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi lewat program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADiK).

Dia berpesan agar siswa memilih jurusan sesuai kemampuan agar memiliki peluang besar untuk diterima di ADiK.

“Program ADiK bekerja sama dengan 69 universitas, lima institut, 29 politeknik, dan satu sekolah tinggi terbesar di seluruh Indonesia. Jadi, silakan kalian memilih ke mana kalian ingin menempuh pendidikan tinggi dan pilihlah sesuai jurusan kalian,” tuturnya.

Berikut pesan Kadindik Jatim kepada ratusan siswa ADEM yang dipulangkan ke wilayah masing-masing.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News