Sungai di Mulyorejo Dipenuhi Busa, Ecoton: Buangan Limbah Tak Terkelola dengan Baik

Jumat, 07 Juni 2024 – 13:06 WIB
Sungai di Mulyorejo Dipenuhi Busa, Ecoton: Buangan Limbah Tak Terkelola dengan Baik - JPNN.com Jatim
Tim dari ECOTON mengambil sampel air sungai di kawasan Mulyorejo, Surabaya, setelah kemunculan busa, Kamis (6/6). ANTARA/HO-ECOTON

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sungai di kawasan Mulyorejo Surabaya tiba-tiba dipenuhi busa yang diakibatkan turbulensi di rumah pompa pada Kamis (6/6).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya Dedik Irianto mengatakan kemunculan busa tersebut berasal dari limbah detergen yang terkena turbulensi dari rumah pompa.

"Bukan karena (limbah) industri. Busa yang muncul di sana dikarenakan limbah detergen terkena turbulensi dari rumah pompa," ujar Dedik.

Menurutnya, turbulensi bisa terjadi karena kondisi debit air di sungai itu yang menyusut karena faktor musim kemarau.

"Perbandingannya tidak seimbang antara air dan deterjen. Kalau debit airnya tinggi tidak muncul seperti ini, endapan di dasar sungai juga terangkat," kata dia.

Dedik menyatakan untuk mengatasi persoalan serupa, dibutuhkan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) komunal yang terpasang di kawasan pemukiman penduduk sekitaran sungai tersebut.

Fungsi IPAL tersebut mengelola limbah domestik, salah satunya yang disebabkan penggunaan detergen atau sabun cuci, apalagi jika di suatu wilayah terdapat banyak jasa cuci baju.

"Untuk IPAL sekarang kewenangannya ada di Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga, di beberapa wilayah sudah ada," ucapnya.

Limbah yang memenuhi sungai di kawasan Mulyorejo Surabaya diakibatkan limbah detergen yang tak terkelola dengan baik.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News