Kemendagri Lakukan Bridging Leadership Tuk Percepat Penurunan Angka Kematian Ibu

Kamis, 06 Juni 2024 – 23:17 WIB
Kemendagri Lakukan Bridging Leadership Tuk Percepat Penurunan Angka Kematian Ibu - JPNN.com Jatim
Kemendagri sosialisasikan percepatan penurunan angka kematian ibu. Foto: Source for JPNN

jatim.jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah dari Kemendagri Ir Restuardy Daud menyampaikan terkait rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) Tahun 2020-2024.

Hal itu disampaikan saat membuka acara Bridging Leadership terkait Perencanaan dan Penganggaran Terintegrasi Kesehatan Reproduksi (PPT Kespro) untuk Percepatan Penurunan Angka Kematian Ibu di Jakarta (6/6).

Dalam RPJMN tersebut telah memberikan arah pembangunan bidang kesehatan yang difokuskan pada lima hal.

“Antara lain meningkatkan kesehatan ibu, anak, keluarga berencana dan kesehatan reproduksi; mempercepat perbaikan gizi masyarakat; meningkatkan pengendalian penyakit; gerakan masyarakat hidup sehat; serta memperkuat sistem kesehatan dan pengendalian obat dan makanan,” kata Restuardy.

Dia juga menjelaskan terkait upaya replikasi program perencanaan dan penggaran terintegrasi kesehatan reproduksi (PPT Kespro) ke daerah lainnya.

Sebelumnya, PPT Kespro telah diujicobakan di lima kabupaten, yaitu Kabupaten Lombok Timur, NTB; Jember, Jawa Timur; Brebes dan Garut, Jawa Tengah; serta Serang, Banten.

“Di lima kabupaten itu telah memberikan pembelajaran kepada pemerintah daerah dalam proses koordinasi perencanaan dan penganggaran serta tata laksana program,” ujar dia.

Restuardy menjelaskan PPT Kespro tak hanya menargetkan daerah untuk mengintegrasikan dalam dokumen perencanaan daerah. Namun, berfokus pada penguatan pada pelibatan peran pemerintah provinsi dan peran Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) di daerah sekitar.

Kemendagri sampaikan RPJMN 2020-2024 terkait percepatan penurunan angka kematian ibu.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News