1.695 Anggota DPRD Kabupaten/Kota Terpilih Jalani Orientasi dari BPSDM

Rabu, 09 Oktober 2024 – 17:31 WIB
1.695 Anggota DPRD Kabupaten/Kota Terpilih Jalani Orientasi dari BPSDM - JPNN.com Jatim
Sebanyak 1.695 anggota DPRD kabupaten/kota terpilih mengikuti orientasi yang dibagi menjadi enam putaran di Hotel Savana, Kota Malang. Foto: Dok. BPSDM Jatim.

jatim.jpnn.com, MALANG - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Pemerintah Provinsi Jatim bersama supervisi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar orientasi bagi anggota DPRD kabupaten/kota terpilih periode 2024-2029 di Hotel Savana, Kota Malang.

Kepala BPSDM Jatim Ramliyanto menyampaikan orientasi itu merupakan proses pengenalan fungsi, tugas, dan wewenang bagi anggota DPRD provinsi dan kabupaten/kota.

“Anggota DPRD provinsi, kabupaten/kota wajib menjalani orientasi karena mereka adalah bagian dari unsur penyelenggara pemerintahan daerah. Hal itu diatur dalam UU dan Permendagri Nomor 6 Tahun 2025,” ujar Ramliyanto, Selasa (8/10).

Dia menjelaskan jumlah anggota DPRD kabupaten/kota terpilih yang mengikuti orientasi sebanyak 1.695 anggota terbagi menjadi enam putaran.

Di akhir masa orientasi seluruh anggota ini akan melakukan evaluasi, seperti pretest, post test, disiplin peserta, keaktifan peserta, dan indikator lainnya. 

“Nilai-nilai itu nantinya menentukan kualifikasi kelulusan peserta dalam orientasi tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono mengatakan ada beberapa perbedaan yang terjadi dalam orientasi tahun ini. Hal ini didukung dengan adanya supervisi dari Kemendagri.

Hal yang menjadi nilai lebih tahun ini adalah orientasi DPRD kab/kota diselenggarakan secara paralel dan serempak oleh BPSDM Provinsi Jawa Timur dengan supervisi Kemendagri. 

Sebanyak 1.695 anggota DPRD kabupaten/kota terpilih mengikuti orientasi yang dibagi menjadi enam putaran.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News