Lewat Samsat 4.0 dan Eko-Tren, Pemprov Jatim Raih IGA Award Kemendagri

Sabtu, 24 Desember 2022 – 09:53 WIB
Lewat Samsat 4.0 dan Eko-Tren, Pemprov Jatim Raih IGA Award Kemendagri - JPNN.com Jatim
Mendagri Tito Karnavian memberikan penghargaan IGA Award Kemendagri kepada Gubernur Jatim Khofifah di Ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jakarta, Jumat (23/12). Foto: Dok. Pemprov Jatim

jatim.jpnn.com, JAKARTA - Pemprov Jatim meraih penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2022 kategori provinsi terinovatif dari Kemendagri.

Penghargaan itu didapat setelah Pemprov Jatim mempresentasikan dua inovasi, yaitu digital Samsat 4.0 dan nondigital Eko-Tren.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menjelaskan inovasi digital Samsat 4.0 adalah layanan pembayaran pajak digital dengan bukti bayar sekaligus pengesahan berbasis QR Code pertama di Indonesia.

"Alhamdulillah, kinerja luar biasa yang sudah ditunjukkan Badan Pendapatan Daerah Jatim yang terus diiringi dengan inovasi pelayanan publik transformatif dengan perkembangan teknologi terkini," ujar Khofifah tertulis, Jumat (23/12).

Inovasi tersebut merupakan pengembangan ATM Samsat pada tahun 2914 yang masuk dalam TOP 24 Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik).

ATM Samsat mengembangkan konsep self service dalam pembayaran pajak sehingga tak membutuhkan mesin anjungan khusus. Samsat 4.0 juga menerbitkan tanda bukti pembayaran pajak kendaraan (e-TBPKP) menggunakan QR Code.

"e-TBPKP dengan pengesahan menggunakan QR-Code ini baru diterapkan di Jatim. Membayar pajak menjadi sangat efisien karena tidak perlu ke Samsat, cukup lewat aplikasi dan tanda buktinya langsung terbit," katanya.

Sementara itu, inovasi nondigital Eko-Tren merupakan upaya mendorong perekonomian inklusif dengan pendekatan pemberdayaan santri, alumni, dan masyarakat di lingkungan pesantren.

Pemprov Jatim mendapatkan penghargaan IGA Award dari Kemendagri lewat Samsat 4.0 dan Eko-Tren.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News