Pemkab Sumenep Gelar Puluhan Acara Meriahkan Bulan Bung Karno, Catat Tanggalnya

Sabtu, 01 Juni 2024 – 14:15 WIB
Pemkab Sumenep Gelar Puluhan Acara Meriahkan Bulan Bung Karno, Catat Tanggalnya - JPNN.com Jatim
Event Juni Bulan Bung Karno yang diadakan oleh Pemkab Sumenep dengan puluhan acara. Foto: Dok. Pemkab Sumenep.

jatim.jpnn.com, SUMENEP - Pemkab Sumenep bakal menggelar berbagai kegiatan untuk mengenang jasa-jasa Presiden RI pertama Ir Soekarno dan mempromosikan nilai-nilai Pancasila dalam peringatan Bulan Bung Karno yang diperingati setiap Juni.

Kegiatan itu di antaranya berupa Parade Musik Tong-Tong, Tari Gambuh, lomba baca puisi, dan menggambar sketsa Bung Karno bagi anak-anak dan generasi muda.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengatakan peringatan Bulan Bung Karno pada 2024 dipastikan lebih meriah dari tahun sebelumnya. Puluhan kegiatan akan digelar untuk menghormati jasa pahlawan Proklamator tersebut.

“Bulan Bung Karno mengingatkan masyarakat. Tanggal 1 juni lahirnya Pancasila, tanggal 6 lahirnya Bung Karno dan tanggal 21 wafatnya Bung Karno. Karena itu, kami adakan kegiatan, baik keagamaan, budaya menjadi satu,” kata Fauzi, Sabtu (1/6).

Dia menjelaskan alasan menggelar lomba-lomba tersebut agar lebih meriah. Masyarakat dan generasi muda makin paham dan menerapkan nilai-nilai yang diajarkan Bung Karno.

Generasi milenial harus memahami semangat dan patriotisme yang kerap diajarkan Bung Karno untuk menjaga nilai-nilai luhur Pancasila dan mengamalkannya dalam kehidupan bernegara.

"Bung Karno salah satu Proklamator di Indonesia. Karena itu, kita harus mengajarkan masyarakat nilai yang diajarkan Bung Karno kalau pidato berapi-api. Untuk perlombaan yang digelar adalah baca puisi dan menggambar sketsa," ujarnya.

“Kegiatan ini ada edukasi literasi. Semoga presiden kita menjadi contoh bagi generasi ke depan,” imbuh dia.

Peringatan Bulan Bung Karno di Sumenep bakal lebih meriah dengan puluhan acara yang digelar.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News