Bupati Trenggalek Angkat Tesis Buku Sarinah Karya Bung Karno

Senin, 03 Juli 2023 – 19:27 WIB
Bupati Trenggalek Angkat Tesis Buku Sarinah Karya Bung Karno - JPNN.com Jatim
Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menjalani sidang tesis mengupas buku Sarinah karya Bung Karno dan Pengarusutamaan Gender di Universitas Airlangga Surabaya, Senin (3/7). Foto: Arry Saputra/JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menjalani sidang tesis di Universitas Airlangga (Unair), Senin (3/7).

Pria yang mengambil Prodi S2 Pengembangan Sumber Daya Manusia di Pascasarjana Unair itu mengupas buku Sarinah karya Bung Karno dan pengarusutamaan gender.

Dia menyoroti filsafat feminisme Bung Karno, penelusuran makna sosialisme dan konsep pemberdayaan perempuan yang melibatkan laki-laki.

“Selama ini yang ngomong pemberdayaan perempuan, kemudian responsif gender belum banyak, padahal perlu sekali program yang menyasar perempuan,” ujar Cak Ipin.

Cak Ipin sapaan Mochamad Nur Arifin itu menjelaskan Presiden Jokowi ingin angka kemiskinan ekstrem nol persen. Namun, kenyataannya data di lapangan, seperti di Trenggalek angka kemiskinan masih 40 persen.

Hal tersebut tentunya menjadi pekerjaan besar, apalagi masalah stunting juga belum bisa diatasi, jika pendidikan dan pengasuhan anak tak diperbaiki.

“Spirit Bung Karno harus bisa berkobar dan mewarnai pengambilan kebijakan saat ini karena struktur penulisan Sarinah mengacu gender analisis yang diterbitkan Kementerian PPPA,” katanya.

Dalam buku itu, Bung Karno juga membuka data dengan terpilah gender, memperlihatkan perempuan tidak lemah.

Bupati Trenggalek mengupas tesis Buku Sarinah karya Bung Karno dan Pengarusutamaan Gender.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News