Kemunculan Buaya Muara 3 Meter Hebohkan Warga Bangkalan, Nih Penampakannya

Selasa, 21 Mei 2024 – 13:35 WIB
Kemunculan Buaya Muara 3 Meter Hebohkan Warga Bangkalan, Nih Penampakannya - JPNN.com Jatim
Petugas mengevakuasi buaya yang tersangkut jaring warga di Bangkalan, Jawa Timur. ANTARA/HO-BKSDA Jatim

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kemunculan buaya muara sungai sepanjang tiga meter menghebohkan warga dan nelayan di Kelurahan Mlajah, Kabupaten Bangkalan beberapa waktu lalu.

Buaya yang diperkirakan berbobot 100 kilogram itu ditemukan pemilik jaring pada Rabu (15/5) sekitar pukul 21.00 WIB. Saat itu, jaring yang dipasang di rawa dekat Perum Graha Mentari hendak diangkatnya.

"Melihat ada buaya yang tersangkut, nelayan itu meminta tolong warga untuk menangkap. Kami sempat kesulitan karena lokasinya berlumpur," ucap warga yang ikut menangkap Ahmad Romadhon.

Menurutnya, proses penaklukan buaya muara itu membutuhkan waktu hampir satu jam. Sebab, meski ditangkap beramai-ramai, tidak satu pun warga yang memiliki keahlian dalam menangkap atau menaklukkan predator tersebut.

"Sempat kesulitan untuk menangkap, tenaganya cukup kuat, meronta-ronta saat mau diikat. Baru kali ini saja ada buaya, sebelumnya hampir tidak pernah ada nelayan atau warga yang melihat atau menemukan," katanya.

Setelah mendapatkan informasi terkait buaya yang tersangkut jaring, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jatim mengevakuasinya.

Pengendali Ekosistem Madya BKSDA Jatim Dani Triadi mengatakan buaya tersebut dievakuasi karena tersangkut di jaring nelayan.

"Buaya tersebut sudah kami evakuasi ke kandang transit untuk diselamatkan. Nanti akan kami identifikasi dulu apakah layak dilepasliarkan kembali dan lokasi mana yang cocok untuk habitatnya," ujar Dani, Selasa (21/5).

Warga Bangkalan dihebohkan dengan kemunculan buaya muara sepanjang tiga meter, padahal bukan habitatnya.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News