Mobil Pengangkut Sapi di Bangkalan Tiba-Tiba Diberhentikan, Ternyata

Sabtu, 15 Juni 2024 – 21:00 WIB
Mobil Pengangkut Sapi di Bangkalan Tiba-Tiba Diberhentikan, Ternyata - JPNN.com Jatim
Pemeriksaan hewan oleh petugas Dinas Peternakan Kabupaten Bangkalan. (ANTARA/HO-Disnak Bangkalan)

jatim.jpnn.com, BANGKALAN - Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Bangkalan menemukan pengiriman sapi ke luar Madura tak sesuai prosedural, yaitu tidak dilengkapi Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dari institusi berwenang.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan Disnak Bangkalan Ali Makki mengatakan pengiriman sapi ke luar Madura itu milik warga Sampang yang dibeli di Pasar Blega, Bangkalan.

Saat itu, mobil pengangkut sapi-sapi tersebut dihentikan oleh petugas untuk diperiksa terkait surat-surat kesehatan untuk hewan kurban.

"Sapi itu hendak dikirim ke Kabupaten Ngawi dan Jombang," ujar Ali, Sabtu (15/6).

Dia menjelaskan temuan itu ketahuan saat Disnak Bangkalan melakukan pemeriksaan sejumlah kendaraan bermotor pengangkut hewan ternak yang melintas di jalan utama di daerah tersebut.

"Saat itu, petugas mencegat kendaraan tersebut dan memeriksa surat keterangan, tetapi pemilik sapi tidak bisa menunjukkan," kata dia.

Disnak Bangkalan kemudian berkoordinasi dengan Disnak Sampang terkait temuan tersebut dan meminta pedagang sapi melengkapi surat keterangan untuk ternaknya.

"Sebab, sesuai ketentuan, sapi bisa dikirim ke luar daerah apabila telah mengantongi Surat Keterangan Kesehatan Hewan," ucap dia.

Sapi-sapi yang hendak dikirim ke Ngawi dan Jombang dari Bangkalan ternyata tak dilengkapi SKKH.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News