Tak tersentuh PDAM 2 Dekade, Kawasan Tambak Dalam Surabaya Kini Dapat Air Bersih

Rabu, 08 Mei 2024 – 23:00 WIB
Tak tersentuh PDAM 2 Dekade, Kawasan Tambak Dalam Surabaya Kini Dapat Air Bersih - JPNN.com Jatim
Wali Kota Surabaya saat mengecek master meter yang telah terpasang di rumah warga Tambak Dalam Baru. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menginisiasi peluncuran master meter oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada di Jalan Tambak Dalam Baru, Gang IX, Kecamatan Asemrowo, Rabu (8/5).

Aksi ini diklaim menghasilkan akses air bersih dari PDAM untuk ratusan warga yang menanti selama atau 20 tahun.

Eri menjelaskan master meter adalah sebuah sistem distribusi air didasarkan pada konsep komunitas dan menggunakan satu meter utama yang mengalirkan air ke rumah-rumah warga.

Mantan Kepala Bappeko Surabaya tersebut berharap adanya master meter, akses air bersih yang diberikan kepada masyarakat oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) bertindak sebagai perantara antara pengguna dan PDAM.

“Dari 500 KK yang seharusnya mendapatkan pasokan air PDAM di Jalan Tambak Dalam, 265 KK sudah teraliri. Saya minta PDAM menyelesaikan sisa distribusi hingga bulan Juni 2024,” ujar Eri.

Dia bersyukur kawasan Jalan Tambak Dalam Surabaya dapat menikmati air bersih setelah lebih dari dua dekade tak tersentuh PDAM.

“Pemerintah Kota Surabaya bersama PDAM berkomitmen terus mencari solusi bagi kawasan-kawasan yang belum teraliri air PDAM, tanpa melanggar aturan hukum yang berlaku,” ucapnya.

Direktur Utama PDAM Arief Wisnu Cahyono menambahkan master meter telah dipasang di 220 titik dengan total manfaat yang diterima mencapai 10.266 KK.

Ratusan warga Tambak Dalam Surabaya bisa nikmati air PDAM setelah 20 Tahun
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News