Embarkasi Surabaya Bakal Berangkatkan 39.228 Calon Jemaah Haji dari Jatim

Sabtu, 04 Mei 2024 – 12:07 WIB
Embarkasi Surabaya Bakal Berangkatkan 39.228 Calon Jemaah Haji dari Jatim - JPNN.com Jatim
Embarkasi Surabaya bakal memberangkatkan 39.228 calon jemaah haji dari Jawa Timur. Foto/Ilustrasi: ANTARA/HO-Kemenag Sumbar

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya bakal memberangkatkan 39.228 jemaah calon haji (JCH) yang mayoritas berasal dari Jawa Timur.

Ketua PPIH Embarkasi Surabaya Mufi Imron Rosyidi mengatakan JCH Embarkasi Surabaya tahun 2024 akan tergabung dalam 106 kelompok terbang atau kloter yang diberangkatkan ke Arab Saudi.

"Mereka akan menggunakan Maskapai Saudia Arabian Airlines dengan tipe pesawat Airbus 330 kapasitas 371 orang," ujar Mufi, Jumat (3/5).

Dia menjelaskan pada tahun-tahun sebelumnya, JCH Embarkasi Surabaya menggunakan pesawat tipe Boeing 747 yang berkapasitas 450 orang. Untuk tahun ini tipe pesawatnya lebih kecil maka jumlah kloternya menjadi makin banyak.

"Kami telah menjadwalkan jamaah calon haji kloter pertama masuk ke Asrama Haji Surabaya tanggal 11 Mei 2024, sedangkan kloter terakhir akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada 9 Juni 2024," jelasnya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Jatim itu menyebut per hari terdapat sekitar empat sampai lima kloter yang masuk Asrama Haji Surabaya dan keluar berangkat ke Arab Saudi.

"Kami berharap PPIH Embarkasi Surabaya bisa mengemban amanah dengan baik dan mudah-mudahan semua berjalan lancar," ucapnya.

PPIH Embarkasi Surabaya masih melakukan pendataan terhadap jemaah lanjut usia (lansia) yang memerlukan kursi roda dalam menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

Mufi menyebut jamaah calon haji lansia yang menggunakan kursi roda tahun ini jumlahnya tidak sebanyak tahun lalu yang mencapai ribuan.

39.228 calon jemaah haji dari Jawa Timur bakal diberangkatkan lewat Embarkasi Surabaya pada tahun 2024.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News