Survei ARCI Pilkada 2024: Elektabilitas Achmad Fauzi Tertinggi di Antara Kader PDIP

Kamis, 16 Mei 2024 – 21:42 WIB
Survei ARCI Pilkada 2024: Elektabilitas Achmad Fauzi Tertinggi di Antara Kader PDIP - JPNN.com Jatim
Direktur ARCI Baihaki Sirait saat memaparkan hasil survei elektabilitas para calon gubernur dan wakil gubernur di Pilgub Jatim 2024. Foto: Source for JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Bupati Sumenep Achmad Fauzi memiliki elektabilitas tertinggi dibandingkan kader internal PDI Perjuangan lainnya dalam Pilkada 2024. Hal itu berdasarkan hasil survei yang dilakukan lembaga survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI).

Dalam survei yang dilakukan terhadap 1.200 responden dilakukan periode 1-10 Mei 2024 itu juga memunculkan nama Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin dan Bupati Kediri Hanindhito Himawan dari internal PDIP.

Direktur ARCI Baihaki Sirajt mengatakan hasil survei tersebut menempatkan Fauzi sebagai satu-satunya kader PDIP yang masuk bursa calon gubernur dalam Pilgub Jatim 2024 dengan elektabilitas 11,2 persen.

Apabila disandingkan dengan tokoh-tokoh Jatim di luar PDIP, Fauzi menempati posisi ketiga dalam bursa calon gubernur di Pilgub Jatim 2024, yaitu di bawah Gubernur Jatim periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa sebesar 42,1 persen, dan Ketua Gerindra Jatim Anwar Sadad 13,8 persen.

Adapun sebagai Calon Wakil Gubernur (Cawagub) elektabilitas Fauzi berdasarkan survei ARCI sebesar 31,3 persen, mengungguli dua kader PDIP, Nur Arifin 39 persen dan Hanindhito Himawan 0,7 persen.

Apabila disandingkan dengan tokoh-tokoh Jatim di luar PDIP, Fauzi menempati posisi kedua dalam bursa Cawagub Jatim, yaitu di bawah Wakil Gubernur Jatim periode 2019-2024 Emil Elestianto Dardak dengan elektabilitas 35,7 persen.

"Kalau Nur Arifin dan Hanindhito ini baru diperbincangkan setelah namanya disebut DPD PDIP Jatim belum lama, sedangkan Fauzi sudah lebih awal digadang-gadang dan gambarnya ada di mana-mana," ucapnya.

Survei tersebut menggunakan metode stratified multistage random sampling, dengan margin of error 2,8 persen, serta tingkat kepercayaan 95 persen. Sebanyak 25 persen kuesioner dilakukan quality control. (mcr12/jpnn)

Nama Achmad Fauzi memiliki elektabilitas paling tinggi di antara kader internal PDIP dalam survei ARCI di Pilgub Jatim.

Redaktur & Reporter : Arry Dwi Saputra

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News