Hari Buruh, Pj Gubernur Jatim Janjikan Perbaiki Patung Marsinah di Nganjuk

Rabu, 01 Mei 2024 – 22:32 WIB
Hari Buruh, Pj Gubernur Jatim Janjikan Perbaiki Patung Marsinah di Nganjuk - JPNN.com Jatim
Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono saat mengungkapkan hasil diskusi dengan buruh saat aksi demonstrasi memperingati Hari Buruh Internasional di Kantor Gubernur Surabaya. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono memastikan pemerintah akan melakukan perbaikan monumen perjuangan aktivis kelompok pekerja Marsinah di Nganjuk.

Rencana itu merupakan tindak lanjut dari permintaan serikat pekerja buruh yang diusulkan pada momen peringatan Hari Buruh Sedunia di hadapan ribuan buruh di Kantor Gubernur Jatim Jalan Pahlawan, Rabu (1/5).

Adhy mengungkapkan perbaikan monumen itu, pemprov akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Nganjuk

"Kami menyanggupi, ya dengan pemerintah Kabupaten Nganjuk untuk membangun kawasan itu sebagai monumen yang bagus,” ujar Adhy di sela Peringatan Hari Buruh Sedunia.

Mantan Sekda Provinsi Jatim itu menyatakan Patung Marsinah merupakan simbol penting bagi sejarah perjuangan buruh di masa lalu dalam mendapatkan hak-haknya sebagai kelas pekerja.

Adhy menyebut monumen Marsinah itu kini kurang terawat. Pihaknya berencana akan memoles pemandangan di situ dengan menambah taman.

“Monumennya kan sudah ada. Namun, sekitarnya masih tidak terawat sehingga kami rencanakan untuk buat taman di situ,” jelasnya.

Marsinah merupakan seorang aktivis dan buruh pabrik pada masa orde baru. Dia bekerja di PT Catur Putera Surya Porong, Sidoarjo yang diculik dan kemudian ditemukan terbunuh pada 8 Mei 1993, setelah menghilang selama tiga hari.

Buruh usul perbaikan patung Marsinah di Nganjuk, Pj Gubernur Jatim sanggupi permintaan tersebut
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News