Elon Musk Umumkan Pegawai AI, Untag Surabaya Siap Cetak SDM Bidang Kecerdasan Buatan

Sabtu, 20 April 2024 – 12:12 WIB
Elon Musk Umumkan Pegawai AI, Untag Surabaya Siap Cetak SDM Bidang Kecerdasan Buatan - JPNN.com Jatim
Wakil Dekan II Fakultas Teknik Untag Surabaya Ir Bantot Sutriono, M.Sc, Foto: Dok. Untag Surabaya.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pengumuman Elon Musk terkait pegawai Artificial Intelligence (AI) menjadi incaran raksasa teknologi menandai puncak revolusi dalam era kecerdasan buatan.

Peningkatan gaji bagi insinyur AI oleh CEO Tesla dan SpaceX itu mencerminkan bagaimana industri bergerak maju dalam mengadopsi teknologi canggih.

Keahlian di bidang kecerdasan buatan makin ditekankan oleh pemimpin perusahaan teknologi besar menandakan persaingan untuk menghasilkan talenta AI makin ketat.

Langkah itu menandai pergeseran signifikan dalam industri teknologi, di mana perusahaan makin bergantung pada kecerdasan buatan untuk meningkatkan efisiensi, inovasi, dan keunggulan kompetitif.

Kecerdasan buatan telah mencapai tingkat, di mana robot bukan hanya digunakan sebagai alat produksi di pabrik, tetapi menjadi mitra dalam kehidupan sehari-hari manusia.

Dalam konteks itu, peran manusia sebagai pengendali AI menjadi makin penting yang menegaskan perlunya peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) di era digital dan industri 4.0.

Dunia pendidikan harus responsif terhadap dinamika lapangan, terutama dalam mempersiapkan tenaga kerja untuk era kecerdasan buatan.

Meskipun banyak yang melihat tren itu sebagai ancaman terhadap pekerjaan manusia, hal tersebut justru menjadi peluang bagi Fakultas Teknik Untag Surabaya melalui Prodi Robotika dan AI mendukung mahasiswa bersaing di pasar kerja yang makin menuntut kecerdasan buatan.

Wakil Dekan II Fakultas Teknik Untag Surabaya Bantot Sutriono menyampaikan opini terkait pegawai AI.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News