SERR, Proyek Pemkot Surabaya Hubungkan Bandara Juanda-Pelabuhan Tanjung Perak

Kamis, 18 April 2024 – 10:05 WIB
SERR, Proyek Pemkot Surabaya Hubungkan Bandara Juanda-Pelabuhan Tanjung Perak - JPNN.com Jatim
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Foto: Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berencana membangun jalan yang menghubungkan Bandara Internasional Juanda hingga Pelabuhan Tanjung Perak. Proyek bernama Surabaya East Ring Road (SERR) itu juga telah diusulkan ke pemerintah pusat.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan saat ini pembangunan proyek SERR dalam tahap menentukan trase atau jalur proyek tersebut.

"SERR sudah kami sampaikan kepada pemerintah pusat, kami lagi menentukan (jalurnya). Kalau sudah clear, baru kami lakukan pembebasan lahan," kata Eri, Rabu (17/4).

Eri menjelaskan pembebasan lahan akan dilakukan setelah penentuan jalur. Nantinya, pembebasan lahan untuk proyek SERR rencananya akan dilakukan gabungan antara Pemkot Surabaya dan pemerintah pusat.

"Kami pastikan jalurnya dulu, baru dilakukan pembebasan dan SERR juga terkoneksi dengan JLLT (Jalur Lingkar Luar Timur) karena untuk menyelesaikan masalah kemacetan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kota Surabaya Irvan Wahyudrajad menyampaikan proyek tersebut menghubungkan Bandara Juanda dan Pelabuhan Tanjung Perak.

“SERR akan membentang mulai kawasan Kedung Cowek hingga Gunung Anyar,” kata Irvan.

Pihaknya memastikan proyek SERR berbeda dengan JLLT. SERR berada lebih luar dan melintasi kawasan konservasi mangrove dengan konsep elevated atau jalan layang.

Alternatif jalan tol, proyek SERR bakal hubungkan Bandara Juanda hingga Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News