Polda Jatim Targetkan Nol Angka Kecelakaan Selama Operasi Ketupat Semeru

Kamis, 04 April 2024 – 14:34 WIB
Polda Jatim Targetkan Nol Angka Kecelakaan Selama Operasi Ketupat Semeru - JPNN.com Jatim
Kapolda Jatim Irjen Imam Sugianto (tengah) berharap tidak ada kecelakaan selama mudik dan Lebaran 2024. Foto: Source for JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Polda Jatim menargetkan angka kecelakaan lalu lintas ditekan hingga nol saat pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru yang berlangsung selama dua pekan, 3-16 April 2024.

"Target kami dalam operasi selama dua pekan ini kalau bisa zero (nol) kecelakaan," kata Kapolda Jatim Irjen Imam Sugianto, Rabu (3/4).

Imam mengatakan operasi tersebut secara khusus dilaksanakan dalam rangka pengamanan libur Idulfitri 1445 Hijriah.

Dalam operasi kali ini, sebanyak 16 ribu lebih pasukan dari unsur TNI, Polri, pemerintahan, dan pemangku pihak terkait akan lebih ketat melakukan pengamanan lalu lintas.

Pasalnya, sesuai prediksi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebanyak 71,7 persen atau akan ada 193 juta pergerakan di masa mudik Lebaran. Dari total tersebut 16 persen atau 31 juta akan bergerak di Jatim.

Untuk itu pihaknya telah menyiapkan sejumlah skema pengaturan lalu lintas di masa mudik dan libur lebaran nanti.

Ada beberapa titik rawan yang menjadi atensi berada di ruas Tol Ngawi di KM 498 khususnya yang akan mengarah ke Surabaya yang menjadi titik rawan kecelakaan.

"Itu titik sering kecelakaan, sehingga masyarakat yang gunakan jalan tol akan kami paksa ke rest area, nanti ada petugas yang mengarahkan agar istirahat sejenak," ujar mantan Kapolda Kaltim itu.

Polda Jatim menargetkan tidak ada kecelakaan selama libur Lebaran 2024 dan mudik di Jawa Timur.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News