Puncak Arus Mudik Diprediksi H-3 Lebaran, DLU Imbau Pemudik Berangkat Lebih Awal

Rabu, 03 April 2024 – 13:43 WIB
Puncak Arus Mudik Diprediksi H-3 Lebaran, DLU Imbau Pemudik Berangkat Lebih Awal - JPNN.com Jatim
Direktur Utama PT DLU Erwin H Poedjono (kiri) memprediksi puncak arus mudik terjadi pada H-3 Lebaran 2024. Foto: Arry Saputra/JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - PT Dharma Lautan Utama (DLU) memperkirakan puncak arus mudik lewat jalur laut melalui kapal miliknya terjadi pada H-3 Idulfitri. Para pemudik diimbau untuk berangkat lebih awal agar tidak terjadi penumpukan penumpang.

Direktur Utama PT DLU Erwin H Poedjono mengatakan para pemudik diminta berangkat lebih awal agar semua penumpang bisa terangkut.

"Animo pemudik mendekati hari H Lebaran akan sangat banyak dan berpotensi mengalami penumpukan penumpang," ujar Erwin di Surabaya pada Selasa (2/4) malam.

Untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan penumpang, pihaknya memberikan diskon untuk pembelian tiket kapal DLU ke berbagai tujuan pada pemberangkatan awal menjelang Lebaran 2024.

"Diskonnya mulai tiga minggu sebelum hari H sudah ada. Kalau sudah mendekati hari H harga tiket akan kembali normal, bahkan bisa ada sedikit tambahan," katanya.

Erwin memperkirakan akan ada kenaikan pemudik sebesar 15 persen saat H-3 Lebaran pada rute komersial favorit seperti Merak Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk.

Pengamat Transportasi sekaligus CEO dan Penasehat PT DLU Bambang Haryo Soekartono (BHS) mengimbau masyarakat tidak mudik bersamaan dengan jadwal cuti bersama dari pemerintah yang cukup panjang, yaitu selama sepuluh hari.

"Biasanya akan terjadi kepadatan kalau banyak pemudik yang berangkat bersama-sama ketika libur cuti bersama itu," ucapnya. (mcr12/jpnn)

Puncak arus mudik lewat jalur laut melalui kapal DLU diperkirakan terjadi pada H-3 Lebaran 2024.

Redaktur & Reporter : Arry Dwi Saputra

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News