Makanan Tak Layak Konsumsi Ditemukan Pada Beberapa Toko di Jember Jelang Lebaran

Rabu, 03 April 2024 – 11:36 WIB
Makanan Tak Layak Konsumsi Ditemukan Pada Beberapa Toko di Jember Jelang Lebaran - JPNN.com Jatim
Petugas gabungan melakukan monitoring pembinaan dan pengawasan makanan di sejumlah toko di Jember menjelang Lebaran, Selasa (2/4). ANTARA/HO-Diskominfo Jember

jatim.jpnn.com, JEMBER - Makanan tak layak konsumsi seperti kedaluwarsa dan makanan rusak ditemukan oleh petugas gabungan saat melakukan monitoring pembinaan dan pengawasan menjelang Lebaran 2024 di Kabupaten Jember pada Selasa (2/4).

Sekretaris Dinas Kesehatan Jember dr Koeshar Yudyarto mengatakan monitoring yang dilakukan bersama BPOM dan Disperindag itu menyasar beberapa toko di area Pasar Tanjung hingga sejumlah retail grosir di kawasan Tegal Besar serta Taman Gading.

"Hasil dari monitoring tersebut ada beberapa temuan seperti makanan kedaluwarsa yang masih tercampur dengan makanan masih layak," kata Koeshar.

Tak hanya itu, pihaknya juga mendapati makanan yang labelnya masih belum lengkap, seperti tidak ada tanggal kedaluwarsa dan tak mencantumkan nama produsen serta ada makanan rusak.

"Kami juga menemukan tempat penyimpanan yang belum sesuai standar seperti makanan yang diletakkan di atas lantai tentunya akan mempengaruhi kualitas produk yang disimpan dalam waktu yang lama," ujarnya.

Pihaknya melakukan pembinaan secara persuasif dengan menginformasikan kepada pemilik toko untuk menyisihkan makanan yang tidak layak edar agar makanan tidak jatuh ke tangan konsumen.

"Kami juga mengingatkan kepada pemilik toko agar mengambil produk yang jelas mulai dari labelnya hingga produsennya," ucapnya.

Menurutnya, hal tersebut untuk mempermudah penelusuran, jika terjadi sesuatu dengan makanan atau minuman.

Petugas gabungan menemukan sejumlah makanan tak layak konsumsi, seperti kedaluwarsa dan makanan rusak di sejumlah toko di Jember.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News