Pelintasan Sebidang Makan Korban, Pengendara Motor di Jember Tewas Tertabrak Kereta

Jumat, 29 Maret 2024 – 15:57 WIB
Pelintasan Sebidang Makan Korban, Pengendara Motor di Jember Tewas Tertabrak Kereta - JPNN.com Jatim
Ilustrasi kecelakaan. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jatim.jpnn.com, JEMBER - Seorang pengendara motor tewas di lokasi setelah tertabrak Kereta Api (KA) Sritanjung di jalur antara Stasiun Mangli dengan Rambipuji, Jumat (29/3) sekitar pukul 09.40 WIB.

"KA Sritanjung relasi Ketapang-Lempuyangan telah tertemper kendaraan bermotor di antara Stasiun Mangli-Rambipuji," kata Manajer Hukum dan Humas KAI Daerah Operasi 9 Jember Cahyo Widiantoro.

Berdasarkan informasi dari masinis, lanjut dia, saat KA Sritanjung melintasi Jalan Perlintasan Langsung (JPL) 132 km 188+5 antara Stasiun Mangli - Rambipuji, ada kendaraan bermotor yang akan melintas di pelintasan sebidang tak terjaga.

"Masinis sudah membunyikan suling lokomotif berkali kali, tetapi pengendara tersebut tidak mengindahkan sehingga insiden tersebut tidak terhindarkan," tuturnya.

Akibatnya, KA Sritanjung sempat berhenti untuk melakukan pemeriksaan rangkaian dan setelah sarana lokomotif dan kereta dinyatakan aman, kereta melanjutkan perjalanan menuju Lempuyangan.

"Untuk pengendara motor yang tertabrak kereta langsung dievakuasi oleh warga sekitar dan identitas korban masih belum diketahui," ucapnya.

Cahyo mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati saat akan melintas di jalur kereta api, terutama pada perlintasan sebidang, karena membahayakan diri sendiri dan juga mengakibatkan terganggunya perjalanan kereta api.

"Sesuai UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 114, pengguna jalan wajib mendahulukan kereta api dan memberikan hak utama kepada kendaraan yang lebih dahulu melintas rel," ujarnya.

Pagi tadi, seorang pengendara motor tewas tertabrak Kereta Api (KA) di pelintasan sebidang tak terjaga kawasan Jember.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News