Pastikan Keselamatan Mudik Lebaran, Awak Sarana Perkeretaapian Rutin Jalani Pemeriksaan Ketat

Senin, 25 Maret 2024 – 20:46 WIB
Pastikan Keselamatan Mudik Lebaran, Awak Sarana Perkeretaapian Rutin Jalani Pemeriksaan Ketat - JPNN.com Jatim
Masinis melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk memastikan keselamatan penumpang. Foto: Humas KAI Daop 8 Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - PT KAI Daop 8 Surabaya memastikan seluruh petugas operasional seperti masinis dan asisten masinis mengikuti persiapan yang ketat sebelum melakukan tugasnya, Senin (25/3).

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan pemeriksaan bertujuan agar petugas berada dalam kondisi prima saat melayani pelanggan kereta api.

“Harapannya selalu konsisten memprioritaskan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan para pelanggan kereta api, terutama pada masa angkutan lebaran,” ujar Luqman.

Dia menegaskan apabila masinis maupun asisten masinis yang tidak memenuhi syarat maka wajib diganti dengan petugas lain.

“Masinis dan asisten masinis, wajib datang 45 menit lebih awal untuk melakukan berbagai persiapan. Selanjutnya, mereka akan menjalani pemeriksaan kesehatan, seperti suhu tubuh hingga tekanan darah,” katanya.

Setelah pemeriksaan kesehatan, lanjut Luqman, masinis dan asisten masinis akan menjalani wawancara dan melakukan tes tunjuk sebut semboyan perkeretaapian.

“Setelah proses asesmen lengkap, masinis dan asisten masinis akan menerima dokumen serta perlengkapan perjalanan dinas dan menandatangani atau membacakan pernyataan pernyataan dinas,” tuturnya.

Disisi lain Luqman mengungkapkan, sebelum memulai dinas, masinis dan asisten masinis juga harus melihat, membaca, serta memahami pengumuman dan instruksi di kantor UPT kru kereta api

PT KAI Daop 8 memastikan masinis dan asistennya dalam kondisi prima saat menjalankan tugasnya
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News