Upaya Dindik Jatim Perkuat IKM SMK Negeri & Swasta Hasilkan Lulusan Siap Kerja

Rabu, 20 Maret 2024 – 08:33 WIB
Upaya Dindik Jatim Perkuat IKM SMK Negeri & Swasta Hasilkan Lulusan Siap Kerja - JPNN.com Jatim
Dinas Pendidikan Jatim menggelar pelatihan peningkatan kompetensi Numerasi dan Literasi IKM Tahap I Jenjang SMK yang diikuti 155 orang. Foto: Humas Dindik Jatim.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dinas Pendidikan Jatim memperkuat implementasi kurikulum merdeka (IKM) dengan menggelar pelatihan peningkatan kompetensi Numerasi dan Literasi IKM Tahap I Jenjang SMK yang diikuti 155 orang.

Ratusan orang tersebut terdiri dari 24 Kasi SMK Cabang Dinas Pendidikan wilayah kabupaten/kota se-Jatim, 24 pengawas SMK, dan 107 perwakilan dari sekolah negeri/swasta se-Jatim.

Adapun untuk jenjang SMK, kurikulum merdeka diperlukan untuk menyiapkan lulusan siap kerja sesuai dengan kebutuhan skill industri.

Kepala Dinas Pendidikan Jatim Aries Agung Paewai mengatakan IKM adalah hal penting bagi pendidikan, Namun, yang tak kalah pentingnya, yaitu peran guru mampu meningkatkan skill siswa yang disesuaikan dengan kondisi lokal dan global.

Menurutnya, kecanggihan teknologi terus berkembang dan saling berhubungan dengan dunia pendidikan yang dihadapkan pada berbagai tantangan cukup dinamis, seperti lulusan SMK yang tak melanjutkan bidangnya ke dunia kerja

"Adanya IKM SMK ini diharapkan bisa meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan menghadapi era modern dan memiliki inovasi sesuai minat dan bakat," ujar Aries, Selasa (19/3).

Aries mengatakan menghasilkan lulusan SMK yang punya mutu dan kualitas bagus di dunia kerja menjadi cita-cita insan pendidikan, khususnya di Jatim. Maka dari itu, siswa perlu diberikan ruang untuk mendalami minat dan bakatnya.

"Siswa perlu mendalami apa yang menjadi kesukaannya dan diberikan pendidikan sesuai dengan kebutuhan saat ini," katanya.

Dinas Pendidikan Jatim memperkuat IKM SMK Negeri dan Swasta yang diikuti 155 orang untuk menyiapkan lulusan siap kerja.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News