KILA Hadir di Surabaya Tuk Perkuat Ekosistem Lagu Anak Indonesia

Senin, 11 Maret 2024 – 10:05 WIB
KILA Hadir di Surabaya Tuk Perkuat Ekosistem Lagu Anak Indonesia - JPNN.com Jatim
Kemendikbudristek melalui Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, Direktorat Jenderal Kebudayaan, kembali mempersembahkan Kita Cinta Lagu Anak Indonesia (KILA). Foto: dok Kemendikbudristek

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pentas Musik Kita Cinta Lagu Anak (KILA) digelar di Gedung Cak Durasim Surabaya pada Sabtu (9/2). 

Kota Pahlawan dipilih kembali untuk kedua kalinya menjadi tuan rumah acara tersebut lantaran antusiasme mendengarkan lagu anak cukup tinggi.

Mendikbud Ristek Nadiem Makarim dalam sambutannya lewat video mengatakan KILA digelar di Surabaya bertepatan dengan Hari Musik Nasional yang bertujuan untuk memperkuat ekosistem lagu anak Indonesia.

"Dengan mendorong lahirnya penciptaan dan aransemen lagu anak yang bersumber dari lokalitas, KILA menjadi sarana mengakrabkan pelajar dengan kelayakan musik dan lagu tradisi," ujar Nadiem.

Nadiem menyebut KILA Menjadi jawaban atas kegelisahan masyarakat yang mengeluh minimnya lagu anak sebagai sarana hiburan dan edukasi untuk membentuk karakter anak.

“Melalui lagu dan berbagai ekspresi budaya lainnya, pendidikan karakter yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila bisa tertanam secara lebih mengakar,” tuturnya.

Direktur Perfilman, Musik, dan Media Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Ristek Ahmad Mahendra mengatakan kehadirannya di Surabaya untuk mengenalkan memperkenalkan budaya dan kearifan lokal Indonesia kepada masyarakat, terutama anak-anak.

"Surabaya itu luar biasa, tentu kami ingin meng-highlight-nya lagi karena dengan kota ini KILA semoga lebih menggaung," katanya.

KILA menjadi ajang untuk memperkuat ekosistem lagu anak di Indonesia yang sempat tenggelam untuk digaungkan kembali.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News