Pentas KILA, Ajang Mengajak Anak Indonesia Mendengar Lagu Sesuai Umur

Jumat, 07 April 2023 – 11:14 WIB
Pentas KILA, Ajang Mengajak Anak Indonesia Mendengar Lagu Sesuai Umur - JPNN.com Jatim
Kemendikbud Ristek gelar pentas Kita Cinta Lagu Anak di Balai Budaya Surabaya. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) berupaya untuk memperkuat keberadaan lagu anak Indonesia lewat acara pentas seni.

Acara yang diadakan keliling di setiap kota ini berjudul pentas Kita Cinta Lagu Anak (KILA).

Pentas itu digelar di Balai Budaya Alun-Alun Surabaya, Kamis (6/4).

Puluhan anak dari usia Playgroup sampai dengan usia SD mengikuti pentas KILA. Mereka antusias menyanyi dan menari di atas panggung.

Kepala Subdirektorat Seni Pertunjukan Direktorat Kesenian Direktorat Jenderal Kebudayaan Edi Irawan mengatakan selama 20 tahun terakhir masyarakat kekurangan lagu anak yang sesuai dengan tumbuh kembang anak-anak sendiri.

"Masyarakat selama ini dihadirkan dengan anak-anak kecil, yang menyanyikan lagu orang tua sehingga tidak sesuai dengan psikis mereka,” ujar Edi 

Menurut Edi, bukan hanya lagunya saja, tetapi juga pencipta lagu anak-anak dan idola-idola cilik makin berkurang drastis. Maka dari itu, di tahun keempat KILA sudah menghasilkan belasan lagu anak-anak.

"Karya seni tersebut dikemas sesuai dengan masa kini supaya dapat menarik kesukaan anak. Inti dari KILA adalah lomba cipta lagu, menyanyi, dan aransemen," jelasnya.

Tumbuhkan kembali lagu anak-anak Kemendikbud Ristek gelar pentas Kita Cinta Lagu Anak (KILA)
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News