Ratusan Rumah di Jember Terendam Banjir, Satu Orang Terluka

Sabtu, 09 Maret 2024 – 14:41 WIB
Ratusan Rumah di Jember Terendam Banjir, Satu Orang Terluka - JPNN.com Jatim
Warga melintas di sekitar rumah yang terendam banjir di Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember, Jatim, Jumat (8/3) sore. (ANTARA/VJ Hamka Agung Balya)

jatim.jpnn.com, JEMBER - Ratusan rumah di dua kecamatan Jember terendam banjir akibat hujan deras mengguyur pada Jumat (8/3) sejak sore hingga malam. Kejadian itu mengakibatkan satu orang luka-luka.

Kepala BPBD Jember Widodo Julianto mengatakan banjir meluap ke permukiman warga dan jalan nasional dengan ketinggian air 60-100 cm dan masuk rumah warga 20-50 cm.

Widodo menyebut hujan deras selama satu jam di daerah itu mengakibatkan luapan Sungai Banjarsari di Dusun Paguan, Desa Petung, Kecamatan Bangsalsari hingga merendam permukiman warga.

"Banjir itu juga diakibatkan juga dari luberan persawahan dan pemukiman warga dan drainase yang tidak mampu menampung debit air hujan,"  kata Widodo.

Dia menjelaskan banjir merendam beberapa desa di Kecamatan Bangsalsari, yakni Desa Petung, Tisnogambar, Sukorejo, dan Langkap. Total korban terdampak mencapai 392 kepala keluarga (KK).

Kemudian di Kecamatan Balung banjir melanda beberapa dusun di Desa Curahlele dengan korban terdampak 282 KK.

Adapun total jumlah warga terdampak banjir mencapai 674 KK dengan satu orang mengalami luka-luka atas nama Hadi Wicaksono (45) terkena tembok rumah roboh akibat bencana tersebut.

Petugas gabungan juga mengevakuasi anak-anak dan lansia yang rumahnya terendam banjir karena debit air sungai di kawasan setempat cukup deras sehingga dikhawatirkan luapan banjir makin tinggi.

Sebanyak 674 KK terdampak dan satu orang warga terluka tertimpa tembok roboh akibat yang melanda dua kecamatan di Jember.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News