KPU Bangkalan Temukan Kertas Plano Kosong di 6 TPS, Penghitungan Ulang Dilakukan

Selasa, 05 Maret 2024 – 12:07 WIB
KPU Bangkalan Temukan Kertas Plano Kosong di 6 TPS, Penghitungan Ulang Dilakukan - JPNN.com Jatim
Hitung ulang enam TPS di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Senin (4/3) ANTARA/HO-Bawaslu Bangkalan

jatim.jpnn.com, BANGKALAN - KPU Bangkalan menemukan kertas plano kosong dari surat suara tidak tercoblos di enam TPS Desa Gunung Siring, Kecamatan Kwanyar, Senin (4/3).

Ketua KPU Bangkalan Zainal Arifin mengatakan temuan itu setelah ada pengurus partai politik peserta pemilu yang menyampaikan protes ke Bawaslu.

Isi protes itu menyebutkan data hasil perolehan yang seharusnya tertulis di kertas plano, kosong sehingga harus dilakukan penghitungan ulang.

"Karena itu, khusus enam TPS tersebut kami melakukan penghitungan ulang hari ini sebagai tindak lanjut sekaligus upaya penyelesaian," kata Zainal.

Adapun enam TPS itu masing-masing TPS 007, TPS 001, TPS 008, TPS 004, TPS 005 dan TPS 002.

"Awalnya ada 16 TPS yang dilaporkan bermasalah oleh pengurus partai politik, tetapi setelah dilakukan penelitian hanya enam TPS," ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Bangkalan Ahmad Mustain Shaleh mengatakan ada 85 TPS yang ditemukan bermasalah dan perlu dilakukan pengecekan data hasil perolehan suara, antara yang tertulis di form C1 dan C plano.

Jumlah itu berdasarkan hasil pemantauan tim pengawas kecamatan selama proses pemilu berlangsung, yakni mulai penghitungan hasil perolehan suara di tingkat TPS, hingga hasil rekapitulasi di tingkat kecamatan.

KPU Bangkalan melakukan penghitungan ulang di 6 TPS setelah adanya temuan kertas plano kosong di enam TPS.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News