Rekapitulasi Pemilu 2024 Tingkat Kota Surabaya, 15 Kecamatan Tuntas

Minggu, 03 Maret 2024 – 23:50 WIB
Rekapitulasi Pemilu 2024 Tingkat Kota Surabaya, 15 Kecamatan Tuntas - JPNN.com Jatim
Situasi rekapitulasi suara Pemilu 2024 tingkat kota di Kantor KPU Surabaya. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sebanyak 15 kecamatan di Kota Surabaya telah merampungkan rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024 tingkat kota, Minggu (3/3).

Rekapitulasi itu digelar melalui rapat pleno terbuka mulai 28 Februari sampai 4 Maret 2024 di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya.

Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Teknis Penyelenggaraan Suprayitno memerinci 15 kecamatan yang telah selesai mengikuti pleno rekapitulasi, yakni Kecamatan Karangpilang dan Kecamatan Benowo pada (28/2) serta Kecamatan Tambaksari dan Kecamatan Dukuh Pakis di (29/2).

“Kemudian pada 1 Maret, Kecamatan Genteng dan Kecamatan Pakal. Sedangkan 2 Maret, Kecamatan Simokerto, Kecamatan Wiyung, Kecamatan Gunung Anyar, Kecamatan Jambangan, Kecamatan Lakarsantri, Kecamatan Rungkut, dan Kecamatan Bulak,” kata Nano, sapaan akrabnya.

Selanjutnya untuk hari ini, tercatat KPU setempat membacakan pleno rekapitulasi penghitungan suara untuk Kecamatan Gayungan dan Asemrowo.

"Sebagaimana yang sudah disaksikan oleh bawaslu dan jajarannya, saksi lintas partai politik, saksi DPD, dan saksi pasangan calon presiden-wakil presiden maka 15 kecamatan itu dinyatakan sah untuk semua jenis pemilu," ujarnya.

Nano menyatakan pleno rekapitulasi suara Pemilu 2024 tingkat kota tak lepas dari dinamika. Salah satunya pihak panwascam yang menjadikan input manual sebagai rujukan saat penghitungan suara di tingkat kota, bukan formulir D hasil.

"Artinya hasil kecamatan yang dimiliki saksi, Bawaslu, maupun KPU itu disandingkan maka itu linear," tuturnya.

Rekapitulasi suara Pemilu 2024 di 15 kecamatan Kota Surabaya dinyatakan sah. Berikut selengkapnya.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News