37 Mahasiswa UHT Surabaya Disumpah Jadi Dokter Gigi Baru

Rabu, 28 Februari 2024 – 17:29 WIB
37 Mahasiswa UHT Surabaya Disumpah Jadi Dokter Gigi Baru - JPNN.com Jatim
Salah satu mahasiswa FKG UHT yang disumpah sebagai dokter gigi baru memeluk orang tuanya, Rabu (28/2). Foto: Arry Saputra/JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sebanyak 37 mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya disumpah sebagai dokter gigi baru, Rabu (28/2).

Dekan FKG UHT Laksamana TN (Purn) Dr drg Nora Lelyana mengatakan setelah disumpah puluhan dokter gigi baru tersebut akan menjalankan internship selama enam bulan.

Program itu menjadi kewajiban bagi dokter gigi yang baru saja lulus dengan tujuan memberikan pelatihan dan pengalaman dalam meningkatkan keterampilan serta kompetensi mereka.

“Mereka sudah lulus ujian kompetensi nasional sehingga hari ini disumpah sebagai dokter gigi. Internship ditentukan pemerintah dan langsung praktik dengan surat izin praktik (SIP) sementara,” ujar Nora.

Adapun penempatan internship untuk para dokter gigi baru tersebut ada di seluruh Indonesia. Mereka biasanya akan ditempatkan di daerah terpencil hingga sangat terpencil.

“Saya ‘menyuntik’ mereka kalau mau cepat sukses, bisa mengembangkan soft skill harus ada di daerah terpencil, jangan di kota besar,” tuturnya.

Nora membeberkan saat ini kebutuhan dokter gigi di Indonesia masih belum merata. Mayoritas mereka lebih memilih berdinas di kota-kota besar. 

Dia mengaku kerap mendapatkan titipan dari para orang tua agar anaknya tidak jauh-jauh berdinas.

Universitas Hang Tuah Surabaya melakukan sumpah kepada 37 mahasiswanya yang sudah lulus uji kompetensi menjadi dokter gigi.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News