Resmikan Fakultas Kedokteran Gigi UMSurabaya, Haedar Ungkap Permasalahan Kesehatan

Selasa, 02 Mei 2023 – 19:27 WIB
Resmikan Fakultas Kedokteran Gigi UMSurabaya, Haedar Ungkap Permasalahan Kesehatan - JPNN.com Jatim
Simulasi alat praktik di laboratorium Fakultas Kedokteran Gigi UMSurabaya, Selasa (2/5). Foto: Arry Saputra/JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menghadiri launching Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya) di Gedung At Tauhid Tower, Selasa (2/5).

Haedar memberikan apresiasi kepada UMSurabaya atas berdirinya FKG UMSurabaya yang sudah berhasil melengkapi prodi-prodi kesehatan di kampus.

“PP Muhammadiyah telah menjalin kerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan kementerian terkait untuk mendorong akselerasi pendirian Prodi Kedokteran, khususnya program spesialisasi di PTMA,” ujar Haedar.

Dia menyebut terdapat dua permasalahan kesehatan di Indonesia. Pertama, kurangnya dokter spesialis sehingga membutuhkan terobosan dan akselerasi birokrasi agar mampu menyelesaikannya.

Kedua, persoalan kesehatan komunitas. Menurutnya, permasalahan tersebut perlu diselesaikan dengan menghadirkan program-program yang berfokus pada kesehatan komunitas.

Muhammadiyah, kata dia, kuat di bidang kesehatan komunitas lantaran punya instrumen lengkap, tidak hanya memiliki rumah sakit dan klinik, tetapi struktur organisasi di pusat sampai tingkat bawah.

"Kekuatan ini bila dimanfaatkan mampu menyelesaikan masalah kesehatan masyarakat seperti stunting TB dan penyakit lainnya," tuturnya.

Haedar sempat melakukan lab tour di beberapa laboratorium Fakultas Kedokteran Gigi. Dia berkeliling melihat lab yang akan digunakan sebagai sistem pembelajaran untuk mahasiswa kedokteran gigi dengan menghadirkan digital dentistry dalam medical and research.

Ketum PP Muhammadiyah membeberkan dua permasalahan kesehatan yang sedang terjadi di Indonesia.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News