Box Culvert Babat Jerawat-Benowo Mulai Digarap, Target 2026 Terkoneksi ke Gresik

Senin, 26 Februari 2024 – 12:07 WIB
Box Culvert Babat Jerawat-Benowo Mulai Digarap, Target 2026 Terkoneksi ke Gresik - JPNN.com Jatim
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat meninjau proyek saluran box culvert di Jalan Babat Jerawat-Benowo. Foto: Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pengerjaan proyek saluran box culvert yang terhenti di depan perumahan Pondok Benowo Indah (PBI) pada tahun 2023 bakal dilanjutkan kembali dengan anggaran tahun 2024.

Rencananya pembangunan box culvert di Jalan Babat Jerawat-Benowo itu akan dikerjakan sepanjang 500 meter pada tahun 2024.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan pengerjaan box culvert itu ditargetkan rampung pada tahun 2026 sehingga bisa terkoneksi dengan Kabupaten Gresik.

“Tahun 2024 ada pekerjaan 500 meter. Nanti di tahun 2025 itu pekerjaan ini akan sampai dengan saluran Kali Raci Benowo. Di 2026 maka jalan ini akan sampai dengan Kabupaten Gresik. Jadi, mulai 2026, Insyaallah mulai dari Banyu Urip sampai Gresik akan terpenuhi (selesai jalan ini),” kata Eri.

Eri mengungkapkan pembangunan box culvert Jalan Babat Jerawat-Benowo juga berfungsi menjadi jalan akses untuk mengurai kemacetan di kawasan tersebut karena saluran box culvert yang dibangun memiliki penutup.

“Adanya banjir di kawasan PBI dikarenakan air hujan yang masuk ke saluran tidak bisa langsung mengalir karena terhalang oleh gapuran PBI dan patung,” jelasnya.

Oleh sebab itu, Pemkot Surabaya berencana membongkar gapura dan patung tersebut agar air tidak menggenang di kawasan itu. Adanya genangan di sana juga disebabkan oleh saluran yang tidak terkoneksi.

“Air tidak bisa mengalir karena ada gapura PBI dan patung juga, jadi saya bongkar. Saluran tidak bisa menampung dan jalannya mendelong (cekung). Jadi, di tahun 2024 ini saya akan berkonsentrasi pada pembangunan infrastruktur sehingga warga di sini tidak terdampak banjir dan tidak kena macet lagi,” jelasnya.

Tahun 2026, saluran box culvert mulai Banyu Urip hingga Gresik bisa terkoneksi
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News