Pertamina Ungkap Alasan Harga BBM Tak Naik di Tengah Tren Kenaikan Harga Minyak

Senin, 05 Februari 2024 – 11:06 WIB
Pertamina Ungkap Alasan Harga BBM Tak Naik di Tengah Tren Kenaikan Harga Minyak - JPNN.com Jatim
Antrean panjang di SPBU Jalan Ir Soekarno Surabaya. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, JAKARTA - Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati membeberkan alasan tidak menaikkan harga seluruh jenis BBM umum atau nonsubsidi di tengah tren kenaikan harga minyak mentah dunia dan kurs per Februari 2024.

Dia menyebut Pertamina menjalankan efisiensi dengan digitalisasi yang terintegrasi pada semua proses bisnis dari hulu ke hilir yang berdampak pada efisiensi biaya produksi sehingga memberikan harga terbaik untuk masyarakat.

“Dengan digitalisasi, ini bisa mengubah operating model atau cara bekerja yang pada akhirnya bisa menciptakan value dalam bentuk cost optimization sehingga Pertamina bisa memproduksi dan memberikan BBM dengan harga terbaik kepada masyarakat,” ujar Nicke, Minggu (4/2).

Keputusan tak menaikkan harga BBM itu tertuang dalam ketentuan Kepmen ESDM No.245.K/MG.01/MEM.M/2022 sebagai perubahan atas Kepmen No 62/K/12/MEM/2020 tentang Formulasi Harga JBU atau BBM Non-Subsidi, per 1 Februari 2024 operator hilir migas telah melakukan penyesuaian harga BBM di SPBU. 

Namun, khusus harga BBM di SPBU Pertamina tidak mengalami kenaikan atau masih sama dengan periode Januari 2024.

Dia menyebut harga jenis BBM nonsubsidi bersifat fluktuatif mengikuti komponen penentuan harga antara lain minyak mentah dan nilai kurs, termasuk kondisi sosial ekonomi masyarakat.

"Harga BBM di SPBU Pertamina lebih kompetitif. Sebagai BUMN, dalam penetapan harga BBM nonsubsidi, kami tetap mempertimbangkan banyak aspek, termasuk daya beli masyarakat," katanya.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan pemerintah mendukung keputusan Pertamina untuk tidak menaikkan harga BBM non-subsidi, meskipun harga di SPBU kompetitor lain sudah naik.

Inilah alasan Pertamina tidak menaikkan harga BBM di tengah tren kenaikan harga minyak mentah dunia
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News