Inilah Identitas 12 ABK yang Selamat Setelah Hilang di Pulau Masalembu

Rabu, 24 Januari 2024 – 21:12 WIB
Inilah Identitas 12 ABK yang Selamat Setelah Hilang di Pulau Masalembu - JPNN.com Jatim
Petugas SAR saat mengevakuasi 12 ABK yang sebelumnya hilang di Pulau Masalembu diangkut menggunakan Tugboat Kharisma Bahari 168 yang melintas dari rute pelayaran dari Saumlaki Maluku menuju Gresik, Jatim. Foto: Humas SAR Surabaya.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sebanyak 12 dari 15 anak buah kapal (ABK) asal Lamongan yang menumpangi KM Putra Sumber Mas ditemukan selamat di perairan Selat Bali, tepatnya di utara Pulau Lombok.

Belasan survivor tersebut ditemukan dalam kondisi selamat. Mereka kemudian dievakuasi menggunakan Tugboat Kharisma Bahari 168 yang melintas dari rute pelayaran dari Saumlaki Maluku menuju Gresik, Jatim.

"Informasi yang kami terima TB Kharisma 168 sedang menarik TB Kharisma Bahari 98 melihat 12 orang ABK terapung menggunakan material kapal dan meminta pertolongan, lalu satu persatu diselamatkan," ujar Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor SAR Surabaya Mahmud Afandi, Rabu (24/1).

KN SAR Permadi kemudian dikerahkan menjemput 12 ABK yang dievakuasi di atas TB Kharisma Bahari 168 tersebut.

"Setelah mengevakuasi survivor, TB Kharisma Bahari 168 melanjutkan perjalanan menuju Gresik dengan kecepatan 2.2 knots dan intercept dengan KN SAR Permadi dilakukan di perairan Pulau Kangean," katanya.

Sekitar pukul 14.00 WIB, KN SAR Permadi mendekati lokasi TB Kharisma 168. Sayangnya, proses tender KN SAR Permadi dengan TB Kharisma 168 tidak berhasil dilakukan akibat cuaca buruk dan gelombang tinggi.

Melihat proses tender tidak mungkin dilanjutkan, KN SAR Permadi merapat menuju Pelabuhan Sapeken untuk berlindung, sedangkan TB Kharisma Bahari melanjutkan perjalanan sesuai rutenya.

"Setelah keadaan cuaca kondusif, kami akan lanjutkan penjemputan 12 ABK di TB Kharisma 168. Setelah itu akan kami evakuasi menuju Dermaga Kalianget karena di sana sudah standby ambulans dan staf medis dari KKP, Dinkes, dan Puskesmas Kalianget," jelasnya.

Berikut data identitas 12 ABK asal Lamongan yang sebelumnya hilang di Pulau Masalembu ditemukan selamat di perairan Selat Bali, tepatnya di utara Pulau Lombok.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News