14 Rumah Pompa di Sidoarjo Disiagakan 24 Jam Antisipasi Curah Hujan Tinggi

Rabu, 17 Januari 2024 – 15:57 WIB
14 Rumah Pompa di Sidoarjo Disiagakan 24 Jam Antisipasi Curah Hujan Tinggi - JPNN.com Jatim
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor (kanan) bersama dengan forkopimda di Kabupaten Sidoarjo meninjau rumah pompa dalam rangka mengantisipasi banjir di kabupaten setempat. ANTARA/HO-Pemkab Sidoarjo

jatim.jpnn.com, SIDOARJO - Pemkab Sidoarjo menyiagakan rumah pompa 24 jam dalam rangka mengantisipasi banjir di kabupaten setempat saat puncak musim hujan seperti sekarang ni.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor menerangkan pihaknya telah melakukan pengecekan sejumlah rumah pompa bersama dengan sejumlah forkopimda setempat.

"Curah hujan yang agak tinggi kemarin menyebabkan beberapa daerah menimbulkan genangan. Namun, alhamdulillah surut hanya sekian jam saja karena rumah-rumah pompa sudah siap siaga semuanya," kata Gus Muhdlor (sapaan bupati).

Dia memerinci ada 14 rumah pompa yang disiagakan 24 jam, yakni lima rumah pompa di wilayah Tanggulangin, enam di Tropodo Waru, tiga di wilayah kota Sidoarjo, dua rumah pompa di wilayah Sidokare, dan satu rumah pompa di bawah Tol Lippo Mall.

"Dua tahun lalu, kami fokus membangun rumah-rumah pompa yang siaga agar kemudian mempunyai kekuatan yang cukup tinggi dan secara umum hasilnya sudah lumayan," ujarnya.

Menurut Gus Muhdlor, langkah tersebut mempercepat surutnya air yang disebabkan curah hujan tinggi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (PUBMSDA) Kabupaten Sidoarjo Dwi Eko Saptono mengatakan beberapa kawasan yang rawan banjir sudah satu per satu tertangani.

"Pada 2023 lalu, kami membangun satu rumah pompa di Kecamatan Waru sisi timur, tepatnya Tropodo dan Wadungasri. Alhamdulillah, sampai saat ini, sudah tidak ada pengaduan banjir di wilayah Tropodo," tuturnya.

Dwi yakin pada 2025 Sidoarjo akan bebas banjir karena tersisa delapan persen pekerjaan dinas PUBMSDA setempat dalam mengatasi banjir di kabupaten itu.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News