Evakuasi KA Pandalungan Kelar, Perjalanan Kereta di Daop Jember Normal Kembali

Senin, 15 Januari 2024 – 17:49 WIB
Evakuasi KA Pandalungan Kelar, Perjalanan Kereta di Daop Jember Normal Kembali - JPNN.com Jatim
Ilustrasi: Penumpang menunggu kedatangan kereta di Stasiun Jember pada liburan Tahun Baru 2024 (ANTARA/HO-Humas KAI Daop 9 Jember)

jatim.jpnn.com, JEMBER - Perjalanan seluruh kereta api di wilayah PT KAI Daop 9 Jember normal kembali pascakejadian KA Pandalungan anjlok di Stasiun Tanggulangin Sidoarjo pada Minggu (14/1).

"Hari ini, semua kereta beroperasi normal dan keberangkatannya sesuai jadwal," kata Manajer Hukum dan Humas PT KAI Daop 9 Jember Cahyo Widiantoro, Senin (15/1).

Dia mengungkapkan jalur bisa dilalui setelah evakuasi lokomotif dan gerbong KA Pandalungan di emplasemen Stasiun Tanggulangin selesai dilakukan pada dini hari tadi, tepatnya pukul 00.22 WIB.

KA pertama yang melintasi jalur tersebut, yakni KA Blambangan Ekspres relasi Ketapang Banyuwangi - Semarang Tawang Bank Jawa Tengah dengan kecepatan terbatas 20 km/jam pada jam 03.11 WIB.

Sebelumnya, sejumlah rangkaian kereta api keberangkatan dari Daop 9 Jember terpaksa harus memutar lewat Bangil - Malang - Kertosono seperti KA Ranggajati (Jember - Cirebon), KA Logawa (Jember - Purwokerto), KA Sritanjung (Ketapang – Lempuyangan) dan KA Wijayakusuma (Ketapang – Cilacap).

Beberapa kereta itu pun telat tiba di stasiun tujuan, yakni KA Sritanjung datang di Stasiun Ketapang pada pukul 22.20 WIB setelah mengalami kelambatan 122 menit. Selain itu, KA Logawa datang di Stasiun Jember pada pukul 22.20 WIB dan mengalami kelambatan 225 menit.

Selanjutnya, KA Ranggajati datang di Stasiun Jember pukul 23.34 WIB dengan mengalami kelambatan 179 menit, KA Wijayakusuma tiba di Stasiun Ketapang pukul 05.51 WIB mengalami kelambatan 123 menit, dan KA Blambangan Ekspres tiba di Stasiun Ketapang 11.20 WIB dengan mengalami kelambatan 385 menit.

"Semua KA yang mengalami kelambatan tersebut, diberangkatkan kembali dari Daop 9 Jember pada hari ini tepat sesuai dengan jam keberangkatan masing-masing," ujarnya.

Seluruh kereta api yang mengalami keterlambatan imbas kejadian KA Pandalungan anjlok kembali berangkat tepat sesuai dengan jam keberangkatan sedia kala.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News