Ini 5 Ruas Jalan di Surabaya Sebagai Pilot Project Pembayaran Parkir Pakai QRIS

Jumat, 12 Januari 2024 – 23:29 WIB
Ini 5 Ruas Jalan di Surabaya Sebagai Pilot Project Pembayaran Parkir Pakai QRIS - JPNN.com Jatim
Dishub Surabaya terapkan pembayaran parkir dengan metode non tunai. Foto: Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dinas Perhubungan Kota Surabaya menetapkan lima titik parkir tepi jalan umum (TJU) sebagai pilot project penerapan pembayaran parkir dengan metode nontunai, yakni QRIS.

Kepala UPTD Parkir Tepi Jalan Umum Dishub Kota Surabaya Jeane Mariane Taroreh menjelaskan lima titik parkir itu, yakni di Jalan Tunjungan, Jalan Tanjung Anom, Jalan Genteng Besar, Jalan Embong Malam, dan Jalan Blauran.

“Baru dilakukan sosialisasi di Jalan Tunjungan. Kalau di kawasan pilot project itu barcode dikalungkan di petugas parkir atau Juru Parkir (jukir)," kata Jeane Taroreh, Jumat (12/1).

Saat ini, kata Jeane, sudah ada lima lokasi parkir TJU di Surabaya yang telah menerapkan sistem pembayaran dengan QRIS. Di antaranya, kawasan Balai Kota Surabaya dan Taman Bungkul.

"Begitu juga yang balai kota dan Taman Bungkul, selain ditempel di alat parkir meter, rambu QRIS juga dikalungkan di Jukir," ujarnya.

Menurut dia, pembayaran parkir nontunai tersebut sudah diterapkan Dishub Surabaya sejak November 2023.

"Balai kota meliputi Jalan Sedap Malam. Kalau yang di Taman Bungkul, ada di Jalan Serayu dan Jalan Progo," tuturnya.

Jeane juga menjelaskan penerapan pembayaran nontunai dilakukan untuk memastikan setiap jukir di parkir TJU menerima haknya sesuai dengan ketentuan dari Pemkot Surabaya.

Dishub menetapkan 5 ruas jalan di Surabaya sebagai pilot project pembayaran parkir nontunai.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News