Gantikan KH Marzuki Mustamar, Gus Kikin Ditunjuk Jadi Ketua PWNU Jatim

Kamis, 11 Januari 2024 – 09:34 WIB
Gantikan KH Marzuki Mustamar, Gus Kikin Ditunjuk Jadi Ketua PWNU Jatim - JPNN.com Jatim
Gus Kikin ditunjuk menjadi Ketua PWNU Jatim oleh PBNU menggantikan KH Marzuki Mustamar. Foto: Dok. Tebuireng

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menetapkan KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin menjadi ketua PWNU Jatim menggantikan KH Marzuki Mustamar yang sebelumnya diberhentikan.

Penetapan Gus Kikin itu setelah dilakukan Rapat Gabungan Syuriah dan Tanfidziyah Pengurus Besar NU (PBNU) di Kantor PBNU Jakarta, Rabu (10/1).

“Alhamdulillah rapat gabungan siang tadi bulat menetapkan Gus Kikin menjadi Pj Ketua PWNU Jatim menggantikan KH Marzuki Mustamar,” kata Sekjen PBNU Gus Saifullah Yusuf tertulis.

Gus Ipul sapaan akrab Saifullah Yusuf itu mengatakan Gus Kikin akan menjabat sampai Maret 2024 saat diselenggarakannya Musyawarah Wilayah NU Jawa Timur.

Dia menjelaskan masa jabatan KH Marzuki Mustamar sudah habis sejak September 2023 yang kemudian mendapatkan SK perpanjangan sementara.

“Terkait alasan pemberhentian KH Marzuki, sekali lagi saya tegaskan ini masalah internal dan telah dianggap memenuhi syarat untuk pemberhentian. Jangan paksa kami membuka alasannya ke publik,” tuturnya.

Rapat gabungan yang dipimpin langsung Rais Aam KH Miftachul Akhyar juga dihadiri Ketua Umum KH Yahya Cholil Staquf serta jajaran Syuriah dan Tanfidziyah menerima pemberhentian KH Marzuki dan pengangkatan Gus Kikin.

Pemberhentian KH Marzuki juga merupakan usulan dari Rais Syuriah PWNU Jawa Timur yang ditandatangani langsung KH Anwar Manshur.

Gus Kikin ditunjuk oleh PBNU menjadi Ketua PWNU Jatim menggantikan KH Marzuki Mustamar yang diberhentikan beberapa waktu lalu.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News