Gunung Semeru Erupsi Lagi, Letusan Sampai 2 Km

Senin, 08 Januari 2024 – 20:31 WIB
Gunung Semeru Erupsi Lagi, Letusan Sampai 2 Km - JPNN.com Jatim
Erupsi Gunung Semeru yang terekam CCTV pada Senin (8/1/2024) pukul 01.38 WIB. (ANTARA/HO-PVMBG)

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Gunung Semeru kembali erupsi dengan tinggi letusan mencapai dua kilometer pada Senin (8/1) pukul 01.38 WIB.

"Terjadi erupsi Gunung Semeru pada 08 Januari 2024, pukul 01. 38 WIB. Tinggi kolom letusan teramati sekitar 2.000 meter di atas puncak," kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Semeru, Ghufron Alwi tertulis.

Menurutnya, kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal ke arah selatan. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 23 mm dan durasi 146 detik.

Untuk pengamatan kegempaan Gunung Semeru pada periode Senin pukul 00.00-06.00 WIB tercatat sebanyak 18 kali gempa erupsi dengan amplitudo 11-22 mm, satu kali gempa awan panas letusan dengan amplitudo 20 mm.

Gunung Semeru juga mengalami lima kali gempa guguran dengan amplitudo 5-10 mm, enam kali gempa hembusan dengan amplitudo 4-8 mm, dua kali harmonik dengan amplitudo 3-5 mm, dan dua kali gempa tektonik jauh dengan amplitudo 12-18 mm.

"Secara visual, gunung api terlihat jelas. Teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tipis hingga sedang dengan ketinggian sekitar 200-500 meter dari puncak," tuturnya.

Status Gunung Semeru masih pada level III atau siaga. Jadi, masyarakat dilarang melakukan beraktivitas di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi).

Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak boleh melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak.

Gunung Semeru kembali erupsi. Warga diimbau untuk memperhatikan peringatan-peringatan berikut.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News