79 Surat Suara DPD RI Ditemukan Rusak di Kediri

Sabtu, 06 Januari 2024 – 17:41 WIB
79 Surat Suara DPD RI Ditemukan Rusak di Kediri - JPNN.com Jatim
Surat suara yang rusak. ANTARA/ HO-KPU Kota Kediri

jatim.jpnn.com, KEDIRI - KPU Kota Kediri menemukan 72 lembar surat suara DPD RI rusak saat penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 yang dilakukan sejak Kamis (4/1) hingga Jumat (5/1).

"Kerusakannya macam-macam, ada yang gambar tidak jelas. Seluruh surat suara yang rusak kami kumpulkan. Saat ini masih proses sortir dan pelipatan untuk DPD," kata Anggota KPU Kota Kediri Moch Wahyudi, Sabtu (7/1).

Wahyudi mengatakan temuan surat suara rusak itu sekaligus menunjukkan proses sortir dan pelipatan surat suara dilakukan dengan baik dan cermat.

"Seluruh surat suara yang rusak dikumpulkan menjadi satu dan direkap. Nanti juga dilaporkan ke KPU RI," ujarnya.

Jumlah surat suara dari DPD yang baik sebanyak 77.677 lembar. Setelah proses sortir dan pelipatan surat suara untuk DPD selesai, dilanjutkan sortir dan pelipatan surat suara lainnya.

KPU Kota Kediri memprediksi penyortiran dan pelipatan surat suara secara keseluruhan untuk DPD, pilpres, DPR RI, DPRD Provinsi Jatim, dan DPRD Kota Kediri rampung pada 24 Januari 2024.

"Kami prediksi masing-masing surat suara itu butuh lima hari. Untuk DPD kemarin sudah sortir di kisaran 170 ribu dari sekitar 238 ribu surat suara. Jadi, selesai proses sortir dan pelipatan nanti ke surat suara lainnya," tuturnya.

Penyortiran dan pelipatan surat suara ini melibatkan 100 orang pekerja. Mereka datang mulai pagi hingga sore hari. Setiap pekerja yang terlibat pelipatan surat suara diperiksa petugas, kemudian baru diizinkan masuk.

KPU Kota Kediri menemukan sebanyak 72 lembar surat suara untuk DPD RI rusak selama penyortiran dua hari.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News