Bawaslu Blitar Temukan Surat Suara Rusak Saat Sortir & Pelipatan di Gudang KPU

Rabu, 27 Desember 2023 – 12:27 WIB
Bawaslu Blitar Temukan Surat Suara Rusak Saat Sortir & Pelipatan di Gudang KPU  - JPNN.com Jatim
Petugas menunjukkan surat suara rusak saat proses sortir dan pelipatan surat suara di KPU Kabupaten Blitar, Jawa Timur. ANTARA/ HO-Bawaslu Kabupaten Blitar

jatim.jpnn.com, BLITAR - Bawaslu Kabupaten Blitar menemukan sejumlah surat suara yang rusak saat proses sortir dan pelipatan surat suara untuk Pemilu 2024 di gudang KPU setempat.

Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar Nur Ida Fitria mengatakan pihaknya melakukan pengawasan secara langsung proses sortir serta pelipatan surat suara untuk memastikan yang dimanfaatkan pemilih tidak rusak.

"Kami di jajaran pengawas pemilu melakukan pengawasan secara langsung dan melekat dalam proses sortir dan lipat suara untuk Pemilu 2024. Hingga kini, ada tujuh lembar yang rusak, kebanyakan robek," ucap Nur, Selasa (25/12).

Pihaknya melakukan pengawasan proses sortir dan pelipatan surat suara untuk Pemilu 2024 di gudang KPU Blitar. Prosesnya tersebut untuk DPRD Kabupaten Blitar wilayah Daerah Pemilihan (Dapil) I Kabupaten Blitar.

Proses sortir dan pelipatan surat suara, kata dia, cukup krusial lantaran akan didistribusikan ke setiap TPS dan diberikan kepada masing-masing pemilih saat berlangsung sehingga kondisinya harus terjaga.

Adapun surat suara yang rusak langsung disingkirkan dan dikumpulkan dengan yang juga mengalami kerusakan. Nantinya akan dikumpulkan seluruh surat suara dari seluruh tahapan Pemilu 2024.

"Penting dalam proses sortir lipat ini untuk memastikan bahwa surat suara yang akan terdistribusi ini tidak dalam kondisi rusak," ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Blitar Hadi Santoso mengatakan saat ini hari pertama proses sortir dan pelipatan surat suara melibatkan 52 orang tenaga sortir lipat. Jumlah itu dibagi menjadi 14 kelompok.

Bawaslu Blitar menemukan surat suara rusak saat proses sortir dan pelipatan di gudang KPU.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News