Rute KA Malabar Dialihkan Imbas Kecelakaan Kereta di Bandung

Jumat, 05 Januari 2024 – 18:59 WIB
Rute KA Malabar Dialihkan Imbas Kecelakaan Kereta di Bandung - JPNN.com Jatim
KA Turangga bertabrakan dengan commuter line Bandung Raya di Cicalengka. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN

jatim.jpnn.com, MALANG - PT KAI Daop 8 mengubah pola operasi perjalanan KA Malabar relasi Malang-Bandung imbas kecelakaan kereta antara KA Commuter Line Bandung Raya dengan KA Turangga.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan perubahan pola operasi perjalanan KA itu lantaran adanya proses evakuasi dan normalisasi jalur pascakecelakaan.

"KA Malabar akan mengubah pola operasi perjalanan dari Stasiun Kroya menuju arah Purwokerto, Cirebon, Cikampek, dan Bandung, dan dijadwalkan berangkat dari Stasiun Malang pukul 17.20 WIB," kata Luqman tertulis, Jumat (5/1).

Dia menjelaskan para calon pengguna KA Malabar dari Malang menuju Bandung telah diberikan informasi mengenai adanya perubahan pola operasi tersebut melalui aplikasi perpesanan WhatsApp.

Jika para pengguna KA Malabar tersebut tidak berkenan untuk menggunakan jasa kereta api dengan perubahan pola perjalanan itu, mereka dapat melakukan pembatalan bea tiket (refund) sebesar 100 persen di luar bea pesan.

"Pengembalian bea tiket (refund) dapat dilakukan di seluruh stasiun keberangkatan KA jarak jauh hingga H+7 dari tanggal keberangkatan yang tertera pada tiket," ujarnya.
???????
Selain itu, dia menerangkan KAI telah mendatangkan rangkaian alat berat berupa crane dari Solo dan juga Cirebon serta lokomotif penolong untuk mengevakuasi sarana yang terdampak serta mengerahkan tim prasarana untuk menormalisasi jalur KA.

"KAI menyampaikan mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kejadian yang tidak diinginkan oleh semua pihak tersebut," ucapnya.

Sebelumnya, kecelakaan kereta antara KA Commuter Line Bandung Raya dan KA Turangga terjadi di KM 181+700 petak jalan Stasiun Haurpugur-Stasiun Cicalengka di wilayah Daop 2 Bandung, Jawa Barat, Jumat (5/1) pagi.

Para calon pengguna KA Malabar dari Malang menuju Bandung telah diberikan informasi mengenai adanya perubahan pola operasi itu melalui WhatsApp.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News