Persiapan Liburan Akhir Tahun, Gardu di GT Madiun dan Nganjuk Ditambah

Kamis, 21 Desember 2023 – 17:15 WIB
Persiapan Liburan Akhir Tahun, Gardu di GT Madiun dan Nganjuk Ditambah - JPNN.com Jatim
Gerbang Tol Madiun di Ruas Jalan Tol Ngawi-Kertosono. (ANTARA/Louis Rika)

jatim.jpnn.com, MADIUN - Gardu di Gerbang Tol (GT) Madiun dan Nganjuk akan ditambah sebagai antisipasi lonjakan volume kendaraan selama libur akhir tahun Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Direktur Utama PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) Arie Irianto menerangkan pihaknya meningkatkan kapasitas gardu dari yang semula hanya tiga menjadi lima lajur untuk masuk dan keluar masing-masing di GT Madiun dan Nganjuk.

"JNK telah meningkatkan kapasitas gardu masuk sebanyak lima lajur di antaranya satu lajur eksisting dan empat lajur dengan sistem transaksi menggunakan 'Oblique Approach Booth' (OAB) Mobile Reader," katanya tertulis, Kamis (21/12).

Adapun gardu keluar juga disiapkan sebanyak lima lajur yang terdiri atas tiga gardu existing, satu gardu GTO "reversible", dan satu gardu OAB dioperasikan secara situasional pada periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Menurutnya, penambahan tersebut untuk menghindari antrean di gerbang tol di Madiun dan Nganjuk.

Arie memperkirakan selama libur panjang Natal dan tahun baru tersebut terjadi lonjakan volume kendaraan yang keluar maupun masuk di ruas tol tersebut. Besarannya 45,6 persen lebih banyak dibandingkan dengan kondisi normal bulan Oktober 2023.

"Sedangkan pada arus balik, diprediksi terjadi lonjakan kendaraan sebesar 43,4 persen lebih banyak dibandingkan dengan kondisi normal bulan Oktober 2023," ucap dia.

Adapun prediksi peningkatan volume lalu lintas tersebut terjadi pada H-7, (18 Desember 2023) sampai dengan H+10 (4 Januari 2024), utamanya di Gerbang Tol Madiun. (antara/faz/jpnn)

Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri memprediksi ada lonjakan volume kendaraan selama libur akhir tahun ini.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News