Sebelum Natal & Tahun Baru, 9 Jembatan di Jawa Timur Selesai Diduplikasi

Selasa, 19 Desember 2023 – 14:40 WIB
Sebelum Natal & Tahun Baru, 9 Jembatan di Jawa Timur Selesai Diduplikasi - JPNN.com Jatim
Kementerian PUPR selesaikan duplikasi jembatan untuk meningkatkan konektivitas pada periode Natal - Tahun Baru. ANTARA/HO - Kementerian PUPR

jatim.jpnn.com, JAKARTA - Kementerian PUPR menuntaskan penggantian/duplikasi sembilan jembatan lama dalam di Jawa Timur untuk meningkatkan konektivitas pada periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

“Konektivitas antarkawasan perlu dijaga, bahkan ditingkatkan. Salah satunya dengan penggantian jembatan yang sudah tua agar aliran barang, jasa, dan manusia bisa lebih lancar dan efisien,” kata Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja, Selasa (19/12).

Dia mengutarakan pembangunan dan pemeliharaan jalan dan jembatan memiliki peran penting sebagai tulang punggung atau backbone ekonomi wilayah.

"Kami harus pastikan kondisi jalan dan jembatan yang mantap untuk konektivitas antarwilayah dan memperlancar distribusi logistik di Indonesia," ujarnya.

Endra menambahkan, dengan selesainya penggantian atau duplikasi Jembatan Callender Hamilton (CH) juga dapat mendukung kelancaran dan kenyamanan arus lalu lintas pada saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Jawa Timur, termasuk akses menuju tempat-tempat wisata dan liburan keluarga.

Penggantian atau duplikasi jembatan CH di Jawa Timur merupakan salah satu proyek Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) antara Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga dengan PT Baja Titian Utama sebagai Badan Usaha Pelaksana dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) sebagai penjamin dengan masa pelaksanaan 2021-2023.

Khusus di Provinsi Jawa Timur, telah dikerjakan penggantian sembilan jembatan dengan total penanganan 2.116 meter dengan biaya Rp582 miliar. Skema KPBU dimaksud berupa ketersediaan layanan dengan masa konsesi 12 tahun.

Kesembilan jembatan di Jawa Timur yang telah selesai diperbaharui ialah Jembatan Wirolegi sepanjang 35 meter di Jember yang menghubungkan kabupaten itu dengan Banyuwangi. Kemudian, Jembatan Trisula Lama sepanjang 170 meter yang menghubungkan Kota Blitar dan Tulungagung.

Ada sembilan jembatan Callender Hamilton (CH) di Jawa Timur yang sudah tuntas pengerjaannya menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News