Warga Ponorogo Dikagetkan Primata Kukang Masuk Permukiman, Diduga Tersesat

Senin, 18 Desember 2023 – 12:07 WIB
Warga Ponorogo Dikagetkan Primata Kukang Masuk Permukiman, Diduga Tersesat - JPNN.com Jatim
Petugas damkar mengevakuasi satwa kukang (Nyticebus coucang) yang masuk pekarang rumah warga di Desa Gemaharjo, Trenggalek, Ahad (17/12). (ANTARA/HO - Damkar Trenggalek)

jatim.jpnn.com, PONOROGO - Seekor kukang (Nycticebus Coucang) masuk ke permukiman warga di Desa Gemaharjo, Kecamatan Watulimo. 

Primata yang memiliki karakter gerakan lambat dan pemalu itu diduga tersesat masuk ke pekarangan rumah. Warga pun menangkapnya, lalu dilaporkan ke Unit Pemadam Kebakaran Trenggalek.

Kepala BPBD, Satpol PP, dan Pemadam Kebakaran Trenggalek Wasis Widodo mengatakan pihaknya belum bisa memastikan apakah primata itu dari hutan atau peliharaan orang yang lepas.

"Apakah liar dari hutan atau peliharaan orang yang lepas, kami belum dapat memastikan," kata Wasis, Minggu (17/12).

Primata tersebut kini dievakuasi ke Mako Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Trenggalek. Pihaknya sedang berkoordinasi dengan BBKSDA Jatim terkait langkah yang akan ditempuh.

"Kondisinya tampak fisik sehat, masih hidup. Untuk langkah selanjutnya kita koordinasikan dengan BBKSDA Jatim," ujarnya.

Sebelumnya pada awal Januari 2023, seekor kukang juga dievakuasi setelah masuk area pemukiman warga di Desa Senden Kecamatan Kampak.

Kukang jawa merupakan hewan yang masuk 25 primata dilindungi karena terancam punah. Belum diketahui juga dari mana hewan itu berasal, tetapi tidak menutup kemungkinan hewan liar karena persebaran kukang itu juga di Pulau Jawa.

Primata Kukang masuk permukiman warga di Desa Gemaharjo, Kecamatan Watulomo, Ponorogo.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News