Kukang Jawa Masuk Permukiman Warga Desa Senden Trenggalek, Kondisinya Kasihan

Rabu, 04 Januari 2023 – 11:05 WIB
Kukang Jawa Masuk Permukiman Warga Desa Senden Trenggalek, Kondisinya Kasihan - JPNN.com Jatim
Kukang Jawa (Nycticebus javanicus) yang dievakuasi dari rumah warga di kantor damkar Trenggalek, Sealsa (3/1/2023). (ANTARA/HO - Foto warga)

jatim.jpnn.com, TRENGGALEK - Seekor Kukang Jawa (Nycticebus Javanicus) ditemukan di permukiman warga Desa Senden, Kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek.

Hewan primata itu tampak malu-malu saat diperiksa petugas. Hal tersebut terlihat dari tingkahnya yang kerap menundukkan kepala di antara kaki dan tangannya.

"Sebelum melakukan pengobatan kami melakukan bonding atau pendekatan dulu baru dikasih obat karena pemalu," kata Dokter Hewan Psukeswan Dinas Peternakan Kabupaten Trenggalek, Luki Yahya, Selasa (3/1).

Kukang itu diduga mengalami infeksi di bagian mata sebelah kiri. Kemungkinan hal itu terjadi bermula dari jaringan parut yang membengkak.

"Infeksinya membuat bola mata primata dilindungi itu berwarna buram, berbeda dengan yang sebelah kiri berwarna cokelat cerah atau bening," jelasnya.

Petugas lalu memberikan pengobatan yang diperlukan. Untuk kesehatan primata kukang secara keseluruhan terpantau baik.

Namun, pihaknya tetap akan melakukan pemantauan dan pemeriksaan berkala untuk memastikan satwa dilindungi itu benar-benar sembuh dan tidak trauma.

Dia menduga primata Kukang Jawa itu berasal dari hutan sekitar wilayah Kampak.

Primata langka Kukang Jawa ditemukan dalam kondisi infeksi pada bagian mata sebelah kiri.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News