Calon Mahasiswa Baru yang Lolos SNBP Tak Bisa Daftar Jalur SNBT & Mandiri

Rabu, 13 Desember 2023 – 17:33 WIB
Calon Mahasiswa Baru yang Lolos SNBP Tak Bisa Daftar Jalur SNBT & Mandiri - JPNN.com Jatim
Foto arsip. Universitas Brawijaya di Kota Malang, Jawa Timur. (ANTARA/Vicki Febrianto)

jatim.jpnn.com, MALANG - Ada peringatan bagi calon mahasiswa baru yang telah lolos jalur SNBP di Universitas Brawijaya (UB) Malang. Mereka tak bisa lagi mendaftar di jalur SNBT maupun mandiri di kampus itu.

Wakil Rektor Bidang Akademik UB Prof Dr Imam Santoso menerangkan seleksi mahasiswa masuk PTN 2024 bersifat akuntabel dan adil agar calon mahasiswa lebih bertanggung jawab dalam memilih prodi.

"Setiap calon mahasiswa yang dinyatakan lulus SNBP tahun 2024, SNBP 2023, dan SNMPTN 2022, tahun depan sudah tidak bisa lagi mendaftar di SNBT,” katanya tertulis, Rabu (13/12).

Aturan itu membuat pilihan calon mahasiswa akan dikunci di SNMPTN. Asumsinya, ketika mereka sudah menentukan pilihan di SNBP dan sudah lolos, akan ada konsekuensi yang harus diambil.

“Jadi, tidak bisa SNBP dijadikan ajang coba-coba. Ketika sudah diterima, lalu tidak sesuai dengan prodinya akhirnya tidak diambil. Itu akan berpengaruh pada penerimaan SNBT dan juga jalur mandiri,” ujarnya.

Prof Imam mengutarakan khusus untuk peserta yang lolos SNBP 2024 dan mengundurkan diri, tidak bisa lagi mendaftar pada seleksi mandiri UB di tahun tersebut.

“Persentase jumlah maba yang sudah daftar ulang dari jalur SNBP sangat tinggi, yakni 97 persen, sedangkan tiga persen lainnya mengundurkan diri. Kesempatan itu jangan disia-siakan karena ada hak peserta lain yang seharusnya diterima di SNBP,” tuturnya.

Selain ada sejumlah perubahan, terdapat perbedaan untuk ketentuan pemilihan program studi pada jalur SNBT 2024.

UB Malang menyampaikan sejumlah ketentuan untuk SNBP 2024 yang perlu diperhatikan bagi para calon mahasiswa baru (camaba).
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News