Satpol PP Surabaya Bisa Tindak APK Melanggar Jika Ada Rekomendasi Bawaslu

Kamis, 07 Desember 2023 – 16:31 WIB
Satpol PP Surabaya Bisa Tindak APK Melanggar Jika Ada Rekomendasi Bawaslu - JPNN.com Jatim
Kasatpol PP Surabaya M Fikser. Foto: Source JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kepala Satpol PP Kota Surabaya M Fikser mengatakan penertiban alat peraga kampanye (APK) yang melanggar bisa dilakukan asal mendapatkan rekomendasi dari Bawaslu setempat.

“Setiap menerima rekomendasi, langsung kami tindak,” katanya, Kamis (7/12).

Fikser mengungkapkan akan melakukan koordinasi dengan Bawaslu terkait dengan hal pencopotan APK yang tidak sesuai selama masa kampanye.

“Masa kampanye harus rekomendasi (bila ada pencopotan APK). Kemarin, kami yang minta, dari Satpol PP minta diberikan rekomendasi. Kami telepon (ke Bawaslu) minta (rekomendasi),” ujarnya.

Sejauh ini, kata Fikser, banyak yang warga melaporkan APK yang tidak sesuai, tetapi tidak bisa ditindak lantaran tidak adanya rekomendasi.

Dia mengungkapkan banyak aduan dari warga di aplikasi Wargaku terkait dengan hal itu. Namun, Satpol PP tidak bisa bertindak kalau tidak ada rekomendasinya.

“Makanya kami minta dari panwascam berikan rekomendasi kepada kami. Kalau bisa sebanyak-banyaknya supaya jika ada pelanggaran, kami akan tindak,” tuturnya.

Fikser menjelaskan penindakan APK yang melanggar akan dilaksanakan bersama panwascam. Hal itu bertujuan agar tidak ada kesalahpahaman dari masing-masing partai.

Satpol PP Kota Surabaya mengaku terkendala dalam penertiban APK yang melanggar karena harus mendapatkan rekomendasi dari Bawaslu dahulu.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News