GM FKPPI Ingatkan Netralitas Aparat Polri TNI Tuk Jaga Kepercayaan Publik 

Rabu, 22 November 2023 – 20:49 WIB
GM FKPPI Ingatkan Netralitas Aparat Polri TNI Tuk Jaga Kepercayaan Publik  - JPNN.com Jatim
Wakil Ketua Umum GM FKPPI Ir R Agoes Soerjanto mengingatkan netralitas Polri TNI di Pemilu 2024. Foto: Dok. GM FKPPI.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Wakil Ketua Umum Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI Polri (GM FKPPI) Ir R Agoes Soerjanto mengingatkan pentingnya menjaga netralitas aparat untuk menjaga kepercayaan publik. 

“Kita harus selalu ingat kepercayaan ini hasil dari proses reformasi panjang yang sudah dijalani,” ucap Agoes tertulis, Rabu (22/11).

Dia mengingatkan akan kasus Ferdy Sambo yang menjadi perhatian publik, di mana bawahan dikorbankan. Agoes menekankan pentingnya menjaga netralitas dengan tidak mengikuti perintah atasan yang melanggar hukum. 

"Perintah Kapolri sangat jelas, 'jangan ikuti perintah atasan bila melanggar hukum'. Ini harus menjadi pegangan bagi seluruh anggota aparat penegak hukum," tuturnya.

Agoes juga menyoroti tanggung jawab yang harus diemban pemimpin dan aparat keamanan. 

Menurutnya,  pemimpin dan kekuasaan akan terus berganti, tetapi bawahan yang akan menerima risikonya apabila melanggar hukum. 

Oleh karena itu, dia menekankan pentingnya memegang teguh sumpah-janji anggota dan nilai-nilai Tri Brata dan Catur Prasetya Polri.

"Tentu saja, prajurit TNI sebagai tiang negara juga harus memegang teguh sumpah, tugas, dan kewajiban prajurit serta nilai-nilai yang dianut oleh institusi. Ini merupakan fondasi yang kuat dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka," katanya. 

GM FKPPI Ir R Agoes Soerjanto mengingatkan netralitas aparat Polri TNI di Pemilu 2024.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News